Ketua DPR Berharap Jenderal Agus Subiyanto Amanah Jabat Panglima TNI
Ketua DPR Puan Maharani/FOTO: Nailin In Saroh-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan selamat kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto yang telah disetujui sebagai Panglima TNI dalam rapat paripurna hari ini. Puan berharap Jenderal Agus dapat amanah dalam mengemban tugasnya di pucuk pimpinan TNI.

Puan mengatakan, DPR selanjutnya menunggu Presiden Joko Widodo melantik Jenderak Agus Subiyanto yang diagendakan dilakukan pada esok hari. Soal waktu dan lokasi, Ketua DPP PDIP itu menilai hanya Presiden yang tahu.

"Pada hari ini DPR RI sudah memberikan persetujuan atas pemberhentian dan pergantian panglima TNI yang akan datang, atas nama Jenderal TNI Agus Subiyanto yang insyaallah akan dilantik pada esok hari. Di mana dan jam berapa silakan tanya kepada Pak Presiden," ujar Puan, Selasa, 21 November.

Puan berharap, Jenderal TNI Agus Subiyanto dapat menjalankan tugasnya sebagai Panglima TNI dengan baik dan amanah, terlebih menjelang Pemilu 2024

"Artinya, insyaallah kita akan memiliki panglima TNI yang baru untuk bekerja. Semoga bisa kerja secara baik dan amanah," pungkasnya.

Paripurna menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun akhir November ini.

Persetujuan itu diambil setelah mendengarkan laporan dari Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid atas lolosnya Jenderal Agus dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fir and proper test pada pekan lalu.

"Setelah mendengarkan, mempertimbangkan pandangan dari fraksi-fraksi dan juga seluruh anggota Komisi I DPR terhadap calon panglima TNI dan sesuai dengan ketentuan Pasal 308 Ayat 2 Peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib, yang menyatakan bahwa pengambilan keputusan dalam rapat DPR didasarkan atau dilakukan dengan cara musyawarah untuk mufakat. Maka Komisi I DPR RI memutuskan dua poin, yang pertama, menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI," ujar Meutya dalam rapat Paripurna DPR, Selasa, 21 November.

"Poin dua, memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (gelarnya) sebagai Panglima TNI," sambungnya.