Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburrokhman menjelaskan soal pengakuan Capres nomor dua, Prabowo Subianto yang mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo. Bahkan, Prabowo juga didukung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurutnya, ucapan Prabowo tersebut adalah wajar. Sebab, Presiden Jokowi memang mendukung semua capres cawapres yang maju pada Pilpres 2024.

"Kalau yang saya dengar dan saya baca, pak Prabowo mengatakan dia mendapat dukungan presiden ke-6 dan presiden ke-7 ada di sebelah saya, kurang lebih redaksinya begitu. Ya wajar memang pak Jokowi ini kan kemarin sudah mengumpulkan para capres dan menyatakan mendukung semua para capres-cawapres ini termasuk pak Prabowo," ujar Habiburokhman di gedung DPR, Selasa, 21 November.

Habiburokhman menilai, dukungan Presiden Jokowi serta SBY menambah semangat Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Jadi tentu itu menambah semangat kami ya bahwa kami ini bukan hanya didukung oleh pak SBY presiden ke-6, tapi pak Jokowi juga mendukung seluruh kontestan yang ada sekarang," katanya.

"Artinya apa? Proses pemilu ini bisa berjalan lancar, maksimal, penuh kedamaian, dengan tekad yaitu mengahasilkan putra terbaik bangsa sebagai pemimpin kita ke depan," sambung Wakil Komandan Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran itu.

Wakil Ketua Komisi III DPR itu pun tak khawatir jika disebut ada keberpihakan Jokowi terhadap paslon nomor urut dua, Prabowo-Gibran. Sebab, kata dia, diksi 'ada di sebelah saya' menandakan presiden mendukung semua calon yang ada.

"Anda cermati yang saya sampaikan barusan, ada di samping saya berarti kan ada di sisi semua tokoh bangsa, namanya presiden kan begitu. Kalau soal memihak tidak memihak kan ada pengawasnya, ada Bawaslu. Ada berbagai macam institusi termasuk sahabat kita media massa ini, pungkas Habiburokhman.

Sebelumnya Prabowo Subianto secara blak-blakan mengakui dirinya didukung oleh Presiden Jokowi dalam menghadapi kontestasi Pemilihan Presiden 2024. Prabowo mengatakan Jokowi selalu berada di sebelahnya.

"Saya merasa sangat dihormati dan dengan kesediaan Pak SBY untuk turun gunung. Presiden ke-6 mendukung dan berada di sebelah saya, dengan Presiden ke-7 juga mendukung berada di sebelah saya," ujar Prabowo dalam acara konsolidasi pemenangan Partai Demokrat di Hotel Aston Madiun, Jawa Timur, Senin, 20 November.