Komentari Momen Prabowo Kejar Jokowi Usai Upacara Kesaktian Pancasila, PKB: Tempel Terus, Semangat Dapat Restu
Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo Subianto, yang berjalan mengejar Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.  (Foto: dok. istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengomentari momen Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo Subianto, yang berjalan mengejar Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. 

 

PKB lantas menyinggung soal koalisi yang dibangun bersama Gerindra. Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid, berharap langkah Prabowo yang terlihat penuh semangat itu mendapatkan balasan restu dari Jokowi. 

 

"Tempel terus. Kalau mendapat dukungan dan restu khusus dari Pak Jokowi, koalisi PKB dan Gerindra akan lebih semangat geraknya," ujar Jazilul, Sabtu, 1 Oktober. 

Menurut Wakil Ketua MPR itu, Jokowi bisa menjadi faktor utama penentu kemenangan di Pilpres 2024. Sebab, kata Jazilul, sejauh ini relawan Jokowi sangat solid.

"Pak Jokowi akan menjadi salah satu variable utama untuk meraih kemenangan Pilpres 2024. Relawan dan pengikut Pak Jokowi sangat solid," jelas Jazilul.

Meski begitu, Jazilul mengaku tidak mengetahui apa yang dibahas Prabowo saat berbincang dengan Jokowi. Dia menduga, ada suatu hal yang memang mendesak untuk dilaporkan kepada Jokowi.

"Kami tidak tahu juga apa yang dibahas. Melihat dari gesturnya pastilah menyampaikan sesuatu yang mendesak untuk dilaporkan atau minta persetujuan presiden. Pak Prabowo kan juga ingin siap gerak cepat dalam membantu Presiden Jokowi," kata Jazilul.

 

 

Sebelumnya, usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi beserta Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri Wury Ma'ruf Amin berkeliling Monumen Pancasila Sakti. 

Di tengah momen Jokowi berkeliling, tiba-tiba Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjalan cepat mengejar Presiden Jokowi yang lebih dulu telah berjalan melewatinya. Dari samping Prabowo memanggil Jokowi lalu memberikan hormat.

Menyadari Prabowo datang dari arah belakang, Jokowi lantas menengok dan juga membalas salam hormat Menteri Pertahanan itu.

Kemudian, Jokowi dan Prabowo nampak berbincang. Tak jelas apa yang dibicarakan oleh kedua belah pihak. Sementara di sebelah Jokowi ada Ma'ruf Amin yang memperhatikan percakapan itu.

Prabowo tampak menjelaskan sesuatu kepada Jokowi. Sebaliknya, Jokowi pun menanggapi penjelasan Prabowo.

Usai perbincangan singkat dengan Jokowi itu, Prabowo kemudian bersalaman dengan Wapres Ma'ruf Amin. Jokowi, Ma'ruf Amin bersama para menteri kemudian meninggal kan lapangan upacara.

Lantas, apa yang dibahas Prabowo saat bicara dengan Jokowi?

 

Menkonfirmasi hal itu, Prabowo mengaku tidak ada hal serius yang dibiarkan dengan Jokowi.  "Nggak, kenapa sih mau tau aja?" kata Prabowo di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu, 1 Oktober. 

Prabowo hanya menyebut dirinya tengah berkoordinasi dengan presiden. Menurutnya, sebagai pemimpin harus terus menjaga kekompakan. 

"Tentunya Anda tahu bahwa saya ini selalu koordinasi dengan Pak Jokowi. Kita sebagai katakanlah pemimpin, kita sadar bahwa dengan persatuan dan kekompakan, maka Indonesia akan kuat dan berhasil dan itu terbukti," kata Prabowo. 

 

Ketua Umum Gerindra itu pun menyinggung soal kedekatan dengan Jokowi.