Prabowo Hadiri Peluncuran <i>Command Center</i> Pengawasan Kegiatan Laut di KKP
Menhan Prabowo Subianto menghadiri peluncuran command center atau pusat kontrol untuk pemantauan dan pengawasan terintegrasi kegiatan laut di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)/FOTO: Tim Media Prabowo Subianto

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri peluncuran command center atau pusat kontrol untuk pemantauan dan pengawasan terintegrasi kegiatan laut di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Pusat kontrol ini merupakan media terintegrasi yang menampung seluruh data dan informasi di KKP dan menjadi pusat komando untuk merespon kejadian atau pun sebagai alat pengambilan kebijakan dan keputusan oleh pemerintah.

Pelaksanaan dari pusat kontrol ini dapat langsung dikoordinasikan dan diintegrasikan dengan Bakamla dan Kementerian Pertahanan menjadi salah satu alat pertahanan laut dan keamanan maritim.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menjelaskan sistem dilengkapi dengan tiga fitur, yaitu fitur monitoring yang memantau sebaran dan pergerakan kapal perikanan di seluruh perairan Indonesia, fitur dashboard yang menyajikan informasi indikator utama sektor kelautan dan perikanan Indonesia, serta fitur alert dengan fungsi mendeteksi setiap dugaan pelanggaran dan memberikan peringatan cepat kepada Command Center.

Sebelumnya, saat kunjungan kerja ke Maluku bersama Presiden Joko Widodo, 18 September lalu, Prabowo menggarisbawahi salah satu kekayaan Indonesia yang perlu dijaga adalah ikan dan kekayaan mineral di bawah laut seperti gas dan minyak bumi yang perlu dilindungi.

“Tidak hanya kekayaan ikan tetapi juga kekayaan mineral di bawah laut, gas dan minyak bumi di bawah laut,” kata Prabowo.

Adapun Kemhan telah menyiapkan suatu desain besar atau master plan pertahanan negara sesuai yang diminta Presiden Jokowi, yang juga mengikutsertakan semua lembaga terkait.