Pastikan Pengamanan KTT G20, Kapolri Tinjau 91 Command Center di Bali
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pastikan pengamanan KTT G20 di Bali. (Foto: Dok. Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau 91 Command Center di Bali, Sabtu, untuk memastikan pengamanan seluruh rangkaian kegiatan internasional yang akan digelar di Provinsi Bali, seperti KTT G20, dapat berjalan dengan baik dan optimal.

"Baru saja, kami melaksanakan pengecekan terhadap pos 91 Command Center yang dipersiapkan untuk menghadapi berbagai macam kegiatan internasional. Di antaranya adalah rangkaian acara dalam rangka Presidensi G20," kata Sigit dalam keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Lebih lanjut, ia mengatakan 91 Command Center merupakan salah satu posko untuk memantau seluruh kegiatan pengamanan yang dilaksanakan, baik di ring I, ring II, maupun ring III.

Sigit menjelaskan 91 Command Center akan tersambung dengan 1.400 CCTV atau kamera pemantau yang ada di wilayah Bali, bahkan nantinya akan terhubung pula dengan seluruh personel yang bertugas melakukan pengamanan.

"Dengan demikian, posko ini bisa berkomunikasi pada saat diperlukan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di lapangan. Jika ada permasalahan, ancaman, ataupun gangguan di lapangan yang membutuhkan pergerakan personel secara cepat, instruksi-instruksi terkait dengan hal tersebut bisa diberikan dari posko ini," ucap Sigit.

Saat ini, Sigit mengatakan, 91 Command Center senantiasa melakukan evaluasi untuk memberikan kepastian pengamanan dan penjagaan terhadap seluruh rangkaian kegiatan internasional dapat berjalan dengan baik tanpa gangguan.

Menurutnya, keberhasilan penyelenggaraan kegiatan internasional yang baik dan aman di Tanah Air akan mengharumkan nama Indonesia dan meningkatkan kepercayaan dunia kepada Indonesia.

"Tentunya, ada beberapa fitur yang terus kami lengkapi. Kami siapkan fitur-fitur tersebut agar pengamanan terkait dengan rangkaian kegiatan internasional sampai Presidensi G20 bisa berjalan dengan aman, lancar, baik, serta mengharumkan nama Indonesia," tutur Sigit.

Tidak hanya tersambung di Bali, Sigit mengatakan 91 Command Center juga terhubung dengan wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya Sirkuit Mandalika yang menggelar ajang MotoGP Mandalika.

Bahkan, pusat komando tersebut juga tersambung di tingkat Markas Besar (Mabes) Polri.

"Ini menjadi satu rangkaian pengawasan, satu sistem monitoring, dan pergerakan kekuatan berlapis-lapis, mulai dari mana yang harus diputuskan oleh tingkat Polres, yang ada di ring, yang dilaksanakan Polda, dan mana yang diambil alih Markas Besar Polri. Saya kira ini yang sedang kami siapkan. Kami terus lakukan evaluasi untuk perbaikan dalam pengamanan," kata Kapolri Listyo Sigit Prabowo.