Momen Prabowo Kejar Jokowi Untuk Berbincang Usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Apa Yang Dibahas?
Menhan Prabowo Subianto berbincang serius dengan Presiden Joko Widodo. (foto: istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu, 1 Oktober. Upacara tersebut juga disiarkan melalui YouTube Sekretariat Negara dan Kemendikbud-Ristek RI. 

 

Presiden Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini. Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, Ketua DPD La Nyala membacakan naskah UUD 1945 dan Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan ikrar.

Setelah upacara selesai, Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi beserta Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri, Wury Ma'ruf Amin berkeliling Monumen Pancasila Sakti. 

Di tengah momen Jokowi berkeliling, tiba-tiba Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjalan cepat mengejar Presiden Jokowi yang lebih dulu telah berjalan melewatinya. Dari samping Prabowo memanggil Jokowi lalu memberikan hormat.

Menyadari Prabowo datang dari arah belakang, Jokowi lantas menengok dan juga membalas salam hormat Menteri Pertahanan itu.

Kemudian, Jokowi dan Prabowo tampak berbincang. Tak jelas apa yang dibicarakan oleh kedua belah pihak. Sementara di sebelah Jokowi ada Ma'ruf Amin yang memperhatikan percakapan itu.  Prabowo tampak menjelaskan sesuatu kepada Jokowi. Sebaliknya, Jokowi pun menanggapi penjelasan Prabowo.

 

 

Usai perbincangan singkat dengan Jokowi itu, Prabowo kemudian bersalaman dengan Wapres Ma'ruf Amin. Jokowi, Ma'ruf Amin bersama para menteri kemudian meninggal kan lapangan upacara.

Lantas, apa yang dibahas Prabowo saat bicara dengan Jokowi?

 

Menkonfirmasi hal itu, Prabowo mengaku tidak ada hal serius yang dibiarkan dengan Jokowi.  "Nggak, kenapa sih mau tau aja?" kata Prabowo di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu, 1 Oktober. 

Prabowo hanya menyebut dirinya tengah berkoordinasi dengan presiden. Menurutnya, sebagai pemimpin harus terus menjaga kekompakan. "Tentunya Anda tahu bahwa saya ini selalu koordinasi dengan Pak Jokowi. Kita sebagai katakanlah pemimpin, kita sadar bahwa dengan persatuan dan kekompakan, maka Indonesia akan kuat dan berhasil dan itu terbukti," kata Prabowo. 

 

Ketua Umum Gerindra itu pun menyinggung soal kedekatan dengan Jokowi. "Anda tahu kan, chemistry saya dengan Pak Jokowi?," katanya lagi.