Usai Salat Subuh Bareng Ridwan Kamil, Anies Ikut Panen Padi di Sumedang
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Humas DKI Jakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti kegiatan panen padi raya di persawahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Hal ini dilakukan setelah salat subuh bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Anies menyebut alasan dirinya ikut hadir dalam kegiatan ini untuk membuktikan keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan kerja sama daerah, terutama di sektor pangan. 

"Barusan kita panen raya. Ini ikhtiar kita bersama semata-mata agar di satu sisi, para petani di sini mendapatkan harga jual gabah yang lebih tinggi, sementara warga Jakarta mendapatkan harga beras yang terjangkau. Maka, setiap keluarga atau rumah tangga di Jakarta bisa tenang jika harga pangan stabil, karena jumlah pasokan aman," kata Anies di lokasi, Jumat, 11 Juni.

Menurut Anies Jakarta memiliki utang budi yang besar terhadap daerah lain. Sebab, warga Jakarta membutuhkan pasokan bahan pangan khususnya beras untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Karenanya, kerja sama antara BUMD DKI PT Tjipinang Food Station bersama BUMD Sumedang PT Kampung Makmur bisa saling meningkatkan kondisi perekonomian di kalangan petani dan menjamin stok beras yang dibutuhkan warga Jakarta.

"Ini adalah cara kita masyarakat perkotaan untuk membalas budi kepada para petani. Karena, merekalah yang selama ini bekerja senyap dan tak terlihat, tapi manfaatnya kita rasakan," jelas Anies.

"Semoga dengan kerja sama saat ini, para petani menjadi sejahtera dan kita yang di Ibu Kota bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan stabil. Terima kasih pak Bupati (Sumedang) dan para petani," lanjutnya.

Anies juga sempat menyapa warga serta keluarga petani yang tinggal di lokasi area persawahan tersebut. Pada saat yang sama, Gubernur Anies juga terlihat menyempatkan diri berbicara dengan beberapa orang petani di sana, agar terus semangat dalam membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Sebelum mengikuti kegiatan panen padi, Anies ikut salat subuh berjemaah bersama Ridwan Kamil di Masjid Agung Sumedang. Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, menjadi saksi kerja sama antara Pemda Provinsi DKI Jakarta dengan Pemkab Sumedang dalam hal pertanian dan pemenuhan pangan.