Ustaz Haikal Hassan Komentari Penundaan Haji: Karena Zalim Terhadap Rizieq Shihab atau Dekat dengan China?
Sekretaris Jendral HRS Center Haikal Hasan (Tangkap Layar YouTube, Akbar Faizal Uncensored)

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Rizieq Shihab Center (HRS Center) Haikal Hassan turut buka suara mengenai keputusan pembatalan pemberangkatan jemaah haji 2021 oleh Kementerian Agama (Kemenag). Menurut Haikal Hassan, ini merupakan kejadian perdana di Indonesia. 

"Baru pertama kali terjadi sejak ada NKRI dimana warga nya TIDAK bisa pergi haji," tulis Haikal Hasan di laman Twitter-nya, @haikal_hassan, Jumat, 4 Juni. 

Sosok yang kerap mengkritik pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin ini lantas menghubungkan dengan beberapa hal. Mulai dari kedekatan dengan pemerintahan Chiha hingga kezaliman terhadap rekannya, Rizieq Shihab. 

"Apakah karena faktor terlalu dekat ke RRC? Apakah karena kezaliman thd HRS? Apakah karena dana haji dipaksa dipakai? Apakah MURNI alasan kesehatan? Apakah menunggu pengadilan akhirat saja?," tambah Haikal Hasan.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama kembali memutuskan tidak memberangkatkan calon jamaah haji pada musim haji 2021 Masehi/1442 Hijriyah.

"Karena masih pandemi dan demi keselamatan jamaah, Pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jamaah haji Indonesia," ujar Menag.

Pembatalan pemberangkatan jamaah haji itu berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 660/2021. Keputusan tersebut juga diambil setelah dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti DPR RI, kementerian/lembaga, organisasi keagamaan, asosiasi travel, dan sejumlah unsur lainnya.

Alasan tidak memberangkatkan haji karena pihak Arab Saudi hingga saat ini tak kunjung membuka akses haji bagi jamaah luar negeri termasuk Indonesia. Akibatnya pemerintah tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan pelayanan dan perlindungan bagi jamaah

Di samping itu, alasan keselamatan dan keamanan menjadi prioritas sebab munculnya varian baru virus corona di sejumlah negara dikhawatirkan akan membahayakan jiwa calon jamaah haji.