Dipolisikan karena Kicauannya, Rekam Jejak Haikal Hassan: Jebloskan Ahok ke Penjara hingga Jubir Prabowo-Sandi
Haikal Hassan Baras (Foto: Instagram @haikalhassan_quote)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid melaporkan penceramah Haikal Hassan Baras ke polisi karena kicauannya soal pembatalan haji.

Dalam kicauannya Haikal Hassan menduga bahwa pembatalan haji kali ini ada kaitannya dengan kedekatan Indonesia dengan RRC dan kezaliman terhadap Rizieq Shihab. Terlepas dari itu semua, ada sejumlah fakta menarik terkait rekam jejak Haikal Hassan.

Dilansir dari era.id, berikut rekam jejak Haikal Hassan:

1. Karier Haikal Hassan

Sebelum aktif sebagai pendakwah, Haikal ternyata sempat bekerja sebagai salesman sambil mengajar di sebuah perguruan tinggi. Ia kemudian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan, yakni di Fakultas Filsafat Matematika Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan bekerja sebagai konsultan sumber daya manusia, di sebuah perusahaan pertambangan.

Haikal Hassan mulai merintis karier sebagai pendakwah sejak tahun 80-an, yakni sebagai guru mengaji di sekitar kampung rumahnya. Haikal aktif berceramah agama dengan gaya dialek Betawi yang khas dan kental dengan guyonan.

2. Ikut jebloskan Ahok ke Penjara

Nama Haikal Hassan kerap dikaitkan dengan eks pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Salah satunya karena gaya ceramah dan intonasinya yang mirip dengan Rizieq Shihab. Selain itu, ia juga kerap kali satu acara dengan HRS.

Namanya pun melambung pasca aksi massa 212 pada 2 Desember 2016. Saat itu, Haikal bersama ratusan ulama dan ormas Islam membentuk sebuah koalisi nasional untuk mengawal fatwa MUI tentang kasus penistaan agama yang dilakukan mantan PLt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ia pun turut bersama ulama dan ormas Islam lain menjebloskan Ahok ke penjara.

Ahok sendiri mulai menjalani hukuman penjara pada 9 Mei 2017 setelah putusan dibacakan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. mantan suami Veronica Tan itu divonis 2 tahun penjara karena terbukti bersalah melakukan penodaan agama atas pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

3. Jubir Prabowo-Sandiaga

Usai aktif gerakan demonstrasi aksi bela Islam, Haikal kemudian terjun dalam politik dengan menjadi juru bicara Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019. 

Dalam aktivitasnya, Haikal kerap memberikan ceramah dalam agenda safari politik Prabowo-Sandiaga di berbagai daerah. Haikal juga sering menampilkan sifat sangar dalam mengkritik pemerintahan melalui berbagai mimbar dakwah. Ia juga sering mencuitkan pemikiran kritisnya melalui media sosial Twitter.