Fakta Menarik Video Viral Perawat Suntik Vaksin Kosong ke Pemuda, Kamu Pasti Geleng-geleng!
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Akun Instagram @Infobanglibali mengunggah sebuah video yang menjadi perhatian warganet.

Dalam video, tampak seorang perawat tengah menyintikan vaksin COVID-19 tanpa injeksi kepada seorang pemuda. Nah, bagaimana faktanya?

Setelah ditelusuri, video itu rupanya diambil di Pusat Vaksinasi Mucho Lote di Guayaquil, Ekuador pada Minggu, 25 April 2021 lalu. Benar bahwa pria tidak mendapat suntikan vaksin dari sang perawat.

"Melalui laman pencarian gambar Google, terdapat sebuah artikel berita dari media terchap.com yang menjelaskan terkait video viral tersebut. Diambil di Pusat Vaksinasi Mucho Lote di Guayaquil, Ekuador," demikian laporan turnbackhoaks dikutip VOI, Senin, 31 Mei. Bikin kocak, rupanya si pria diduga menyuap perawat untuk memotong antrian agar mendapatkan vaksinasi COVID-19 sebelum giliran.

"Namun, perawat malah memberinya suntikan palsu. Secara harfiah menusuk jarum di bahunya tanpa benar-benar menyuntikkan apa pun. Ini mungkin karena dosis vaksin sangat terbatas, dan akan di bawah pengawasan ketat sehingga dosis yang hilang akan diperhatikan," tulis turnbackhoaks.

Sekretaris Jenderal Kepresidenan Ekuador, Jorge Wated Reshuan pun membenarkan bahwa perawat yang melakukan suntikan palsu tersebut telah ditangkap. Pria yang merekam video dirinya itu pun juga ditangkap.

"Dari penelusuran di atas dapat disimpulkan bahwa video penyuntikkan vaksin kosong tersebut merupakan hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan. Hal tersebut karena video tersebut bukan terjadi di Indonesia," demikian.