Resmikan 25 Kantor Baru PDIP, Megawati: Tak Perlu Besar yang Penting Niat
Megawati Soekarnoputri (Foto: Tangkap Layar Youtube PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meresmikan 25 kantor baru partainya di beberapa daerah.

Peresmian terhadap kantor partai di tiga tingkat yaitu dewan pengurus daerah, dewan pengurus cabang, dan dewan pengurus anak cabang ini dilakukan secara daring dan dihadiri ribuan pengurus partai.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, dengan ini saya resmikan kantor partai," kata Mega dalam peresmian secara daring yang ditayangkan di YouTube PDI Perjuangan, Minggu, 30 Mei.

Dia bersyukur melihat banyaknya kantor partai yang dibangun di daerah. Megawati berharap, ke depan, akan makin banyak kantor partai meski tak besar bangunannya.

"Kantor partai tak usah terlalu besar, secukupnya saja. Tapi yang penting niat bahwa kantor partai itu merupakan rumah kita. Yakni rumah partai dan rumah rakyat. Alhamdulilah, sebagai ketua umum saya mengatakan ada 25 wilayah yang diresmikan kali ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Presiden ke-5 RI ini juga menyebut kantor partai perlu untuk dibangun di berbagai wilayah. Sehingga, para kader makin punya semangat untuk bekerja dan berkegiatan.

"Bayangkan jika tanpa itu, bagaimana kita bertemu? Padahal saya sudah instruksikan rapat partai harus selalu dilakukan berjenjang," tegas Mega.

Tak hanya itu, dia juga mengingatkan petugas partai harus mengikuti arahan partai. Menurutnya, kader PDIP tak boleh lagi maju sebagai pribadi melainkan dari sebuah organisasi politik yang berideologi Pancasila.

"Asal kita bergotong royong, sekali lagi kalau bergotong royong, saya yakin bisa dicapai (pembangunan kantor baru, red). Bayangkan sekarang kita punya 50 lebih kantor, dari kita yang sebelumnya tak punya apa-apa," ungkap Mega.

"Saya ingin kantor itu agar para kader bersemangat dalam menjalankan ideologi. Sebab banyak masalah rakyat yang sampai sekarang belum selesai," imbuhnya.

Adapun sejumlah kantor yang diresmikan adalah tiga kantor partai setingkat Dewan Pengurus Daerah (DPD) alias provinsi yaitu kantor DPD PDIP Kalimantan Timur, DPD PDIP Sulawesi Tengah, dan DPD PDIP Maluku.

Untuk kantor setingkat Dewan Pengurus Cabang (DPC) atau kabupaten/kota, ada di 16 wilayah yaitu DPC PDIP OKU Timur; Tanah Bumbu; Tanah Laut; Kapuas; Barito Utara; Pulang Pisau; Pamekasan; Kota Tangerang Selatan; Sukoharjo; Murung Raya; Bojonegoro; Kota Tasikmalaya; Kota Metro; Brebes; Barito Selatan; dan Tapanuli Utara

Sementara kantor partai setingkat kecamatan alias Pengurus Anak Cabang (PAC) PDIP adalah di 6 kecamatan di Sukoharjo, Jawa Tengah yaitu di PAC Sukoharjo; PAC Nguter, PAC Bulu; PAC Weru; PAC Polokarto; dan PAC Mojolaban.

Dalam acara ini, Megawati hadir dari kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Dia didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hadir bersama Ketua DPP yang juga Menkumham Yasonna Laoly, serta Ahmad Basarah yang juga Wakil Ketua MPR.

Hadir juga Wasekjen yang juga Ketua Fraksi PDIP di DPR, Utut Adianto dan dua Ketua DPP yaitu Djarot Saiful Hidayat dan Sukur Nababan.

Sementara anggota PDIP lainnya hadir secara virtual. Mereka adalah Bendahara Umum Olly Dondokambey serta Wakilnya Rudianto Tjen. Juga para Ketua DPP PDIP seperti Prananda Prabowo, Puan Maharani, Ribka Tjiptaning, I Made Urip, Bambang Wuryanto, Hamka Haq, Tri Rismaharini, Sri Rahayu, dan Wiryanti Sukamdani. Begitupun dua wasekjen lainnya, Sadarestuwati dan Arif Wibowo.