Jelang HUT ke-494, Anies Yakin Tahunnya Jakarta Bangkit dari Pandemi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI mencanangkan rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) Jakarta ke-494. Gubernur Anies Baswedan memilih merayakan dengan tema 'Jakarta bangkit.'

Anies menyebut, selama satu tahun DKI Jakarta mengalami penurunan intensitas kegiatan ekonomi, sosial, budaya, hingga keagamaan akibat pandemi COVID-19. Banyak kegiatan yang mengandalkan interaksi antar orang mengalami penurunan. 

"Pada tahun lalu, kita dalam masa ujian yang relatif tantangannya baru. Jakarta pernah alami berbagai bencana, tapi wabah ini baru sekarang. Kalau diilustrasikan, seperti sesuatu yang turun ke bawah karena kondisi tantangan kesehatan," kata Anies dalam tayangan Youtube Pemprov DKI Jakarta, Senin, 24 Mei.

Pada tahun ini, Anies menyebut 2021 adalah tahun di mana Jakarta mulai membangkitkan lagi kegiatan ekonomi hingga sosial. Ditambah, saat ini program vaksinasi COVID-19 sudah berjalan secara bertahap.

"Kita sekarang sudah mulai memasuki fase menuju bangkit. Harapannya, nanti kita akan memiliki sebuah kota yang lebih tangguh, lebih kuat, lebih ulet dibandingkan sebelum pandemi," tutur dia.

Anies menggarisbawahi Jakarta adalah kota kolaborasi.  Kolaborasi dicanangkan karena Anies ingin semua sumber daya di Ibu Kota ini bisa bekerja sama-sama.

Di Jakarta, lanjut dia, ada sumber daya alam yang beragam. Tidak ada kota lain di Indonesia yang memiliki jumlah dunia usaha, media, organisasi, lembaga sebanyak di Jakarta.

"Dengan begitu banyaknya pelaku pembangunan di kota ini, aayang sekali bila Pemprov DKI Jakarta mengerjakannya semua sendiri. Justru kita harus mengajak semua bekerja bersama memajukan kota Jakarta," pungkasnya.