Anies Gaungkan Tema 'Jakarta Bangkit' di Peringatan HUT Ke-494 DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Tangkapan Layar

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-494 Kota Jakarta di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. Upacara dilakukan dalam kapasitas terbatas dan disiarkan secara daring.

Dalam sambutannya, Anies menyebut tema yang diambil dalam peringatan HUT DKI tahun ini adalah 'Jakarta Bangkit'. Tema ini diambil karena Jakarta masih menghadapi situasi pandemi COVID-19.

"Tema peringatan HUT Jakarta tahun ini adalah 'Jakarta Bangkit'. Tema ini mengandung makna sebagai upaya pemulihan ekonomi, pemulihan kondisi kesehatan menuju kota ketahanan, berkelanjutan yang menggambarkan mimpi warga jakarta untuk bangkit," kata Anies di lokasi, Selasa, 22 Juni.

Sementara, tahun lalu Anies mengambil tema "Jakarta Tangguh". Saat itu, pandemi yang baru masuk selama beberapa bulan membuat warga Ibu Kota menghadapi tantangan dan diharuskan tidak mudah menyerah.

"Ketika tahun lalu kita menghadapi pandemi dan merayakan HUT Jakarta, kita ambil tema 'Jakarta Tangguh'. Tahun ini 'Jakarta Bangkit'. Sembari ingatkan pada semua, sifat dasar dari pribadi-pribadi yang ada di kota ini adalah orang-orang yang mau menghadapi tantangan," ujar Anies.

 

Anies memandang, Jakarta memfasilitasi hadirnya kehidupan yang lebih baik. Namun, saat ini semua pihak sedang menghadapi gelombang pandemi, hantaman krisis kesehatan, hingga ekonomi.

Karenanya, Anies mengingatkan semua masyarakat yang datang ke Jakarta harus berperan dalam menghadapi tantangan. Tujuannya, agar mendorong kemajuan bagi pribadi, keluarga, dan masyarakat yang berada di Ibu Kota.

"Karena itu saya ingatkan, ketika hadapi pandemi, mari kirimkan pesan pada diri kita, anak kita, anak dari anak-anak kita bahwa kita, generasi ini, adalah generasi tangguh, ulet, yang sanggup menghadapi tantangan," ungkap Anies.

"Allah menakdirkan angkatan ini menjadi angkatan yang siap menghadapi pandemi. Kita diuji dengan pandemi. Tapi kita semua yakin bahwa Allah tidak akan berikan kita ujian, cobaan, yang kita tidak sanggup menjalaninya," tambahnya.