Perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta yang Tidak Biasa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara perayaan HUT Jakarta (Foto: Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Provinsi DKI Jakarta genap berusia 493 tahun pada hari ini, Senin, 22 Juni 2020. Namun, hari ulang tahun (HUT) kali ini tidak bisa dirayakan seperti biasa. Tak ada kegiatan atau festival mengumpulkan masyarakat untuk memeriahkan hari jadi Ibu Kota akibat wabah COVID-19. 

Pagi ini, acara seremonial HUT Jakarta tetap digelar dengan protokol pencegahan COVID-19 oleh jajaran Pemprov DKI dan DPRD DKI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, tema peringatan ulang tahun Jakarta tahun ini adalah "Jakarta Tangguh". 

"Tahun ini kami memilih tema 'Jakarta Tangguh' untuk menggambarkan, di kota ini ada penduduk yang memiliki semangat tinggi, memiliki ketangguhan. Sehingga ketika tahun 2020, angkatan ini diberikan tantangan yang tidak kecil, yaitu menghadapi pandemi COVID-19," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juni. 

Anies menyebut, alasan pihaknya mengambil tema soal ketangguhan penduduk Jakarta dalam menghadapi pagebluk COVID-19 dilihat dari hasil evaluasi kasus virus corona saat ini. 

Dimana Jakarta telah melewati masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat ini, pembatasan dilonggarkan menjadi PSBB transisi yang sudah berjalan selama lebih dari dua pekan. 

Hasilnya, Anies mengklaim selama dua pekan belum ada lonjakan kasus COVID-19 di Jakarta. Bahkan, angka reproduksi (R) virus corona menurun sebanyak 0,01, dari awal PSBB transisi diberlakukan, angka reproduksi berada pada 0,99 dan kini menjadi 0,98. 

"Tadi pagi, laporan dari tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia menyampaikan bahwa 2 minggu masa transisi, wabah di Jakarta terkendali," tutur Anies. 

"Dilaporkan bahwa ketika direview, kekhawatiran ketika ada lonjakan tidak terjadi. Justru, angka R-nya menjadi 0,98. Ini sesuatu yang menunjukkan bahwa ini kerja keras seluruh masyarakat Jakarta," lanjut dia. 

Tahun di mana pembangunan tertunda

Ada hal yang mesti dikorbankan dalam penanganan COVID-19. Sejak wabah ini melanda, banyak rencana anggaran pembangunan infrastruktur dialihkan khusus untuk menghadapi virus corona. 

Oleh sebab itu, Anies berharap tak ada lonjakan kasus baru di masa PSBB transisi. Dengan begitu, pembatasan tidak dilakukan lagi, sehingga roda perekonomian dan pembangunan bisa terus berjalan. 

"Kami akan terus fasilitasi, baik penumbuhan usaha mikro, menengah, sampai besar, baik sektor jasa sampai konstruksi, supaya segera bisa bangkit berkegiatan kembali. Tapi, itu semua dengan pertimbangkan kondisi wabah," ungkap Anies.

Foto dokumentasi produksi voi.idCaption

Perayaan virtual

Khusus di tahun ini, perayaan HUT DKI Jakarta diadakan secara virtual untuk masyarakat. Acara ini dapat disaksikan via daring di laman beritajakarta.tv. Adapun susunan acara HUT DKI adalah sebagai berikut. 

09.00-09.45 WIB: Opening dari Balai Kota

09.45-10.00 WIB: Kerak telor

10.00 WIB - selesai: Live paripurna DPRD

12.00-12.30 WIB: Jakarta virtual tour Taman Ragunan

13.00-13.30 WIB: Edukasi dongeng dan komik

13.30-14.00 WIB: Tiktok topeng Betawi

14.00-14.30 WIB: Pensi 13 band Jakarta

15.00-15.30 WIB: Jakarta virtual tour air mancur menari

15.30-16.00 WIB: Jakarta virtual tour museum MH Thamrin

16.30-17.00 WIB: Jakarta virtual tour Ancol-Seaworld

17.00-18.00 WIB: Video drone ketinggian dari langit-langit Jakarta