Diawali Salam, Pangeran Charles Sampaikan Ucapan Selamat Merayakan Idulfitri
Pangeran Charles. (Wikimedia Commons/Dan Marsh)

Bagikan:

JAKARTA - Pewaris tahta Kerajaan Inggris Pangeran Charles menyampaikan pesan akhir Ramadan, sekaligus ucapan selamat jelang Idulfitri bagi masyarakat Muslim.

Pesan ini disampaikannya dalam unggahan akun Twitter NazLegacyFoundation, usai mengikuti kegiatan buka puasa bersama antaragama yang dilakukan secara daring, pada Senin lalu.

"Assalamu'alaikum. Ramadan mubarak. Tuan dan nyonya sekalian, Muslim di seluruh Kerajaan Inggris dan Negara Persemakmuran yang tengah menyiapkan perayaan Idulfitri, setelah puasa di Bulan Suci Ramadan," ucap Pangeran Charles mengawali pesannya. 

"Saya ingin menyampaikan ucapan terbaik saya yang tulus kepada semua orang yang merayakan festival (Idulfitri) ini," sambung Pangeran Charles.

Dalam kesempatan ini, Pangeran Wales menggarisbawahi tantangan yang dihadapi umat Islam saat mereka berpartisipasi dalam Ramadan di tengah kondisi terkunci selama dua tahun berturut-turut, akibat pandemi COVID-19.

Ia pun menyampaikan pula perenanungan kematian ayahnya, Pangeran Philip bulan lalu, yang diakui membuat keluarga Kerajaan Inggris mengalami kehilangan besar. 

“Tahun lalu ini saya tahu sangat menantang bagi kita semua dan saya sangat menyadari dampak pandemi pada komunitas Muslim,” katanya dalam pesan video.

“Tahun ini, terlalu banyak keluarga seperti saya yang akan memiliki kursi kosong di meja makan mereka dan teman-teman tidak lagi dapat berbagi pelukan perayaan setelah sholat Idulfitri," lanjut Pangeran Charles. 

Melansir The National News, Rabu 12 Mei, acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan virtual yang mendorong orang untuk tinggal di rumah selama Ramadan, karena pembatasan sosial mencegah pertemuan di dalam ruangan.

Pemilik gelar Prince of Wales ini juga mengapresiasi pembukaan masjid sebagai pusat vaksinasi COVID-19 dan menyebutkan kunjungannya baru-baru ini ke Finsbury Park dan masjid London Timur.

Dia berbicara tentang efek pandemi dan penguncian pada ritual iman, ibadah komunal dan kesedihan, tetapi mengatakan langkah besar dalam kampanye vaksin akan memudahkan orang untuk segera berkumpul.

Pangeran Charles mengakui pentingnya buka puasa antaragama untuk mendorong hubungan yang bermakna antara komunitas yang berbeda untuk Inggris yang terintegrasi.

"Ketika saya menyarankan ide buka puasa antaragama tahunan yang difokuskan pada anak muda kepada beberapa teman baik saya dari komunitas Muslim, saya harus mengatakan bahwa harapan saya sederhana. Oleh karena itu, sungguh luar biasa melihat betapa suksesnya acara ini," tukas ayah dari Pangeran William dan Pangeran Harry ini.