Presiden Joe Biden Targetkan 70 Persen Orang Dewasa AS Terima Satu Dosis Vaksin Sebelum 4 Juli
Presiden Joe Biden. (Wikimedia Commons/Gage Skidmore)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joe Biden menginginkan 70 persen orang dewasa di Amerika Serikat (AS) sudah menerima sedikitnya satu dosis vaksin COVID-19, pada libur Hari Kemerdekaan 4 Juli mendatang. 

Dalam pengumuman yang disampaikan Selasa 4 Mei waktu setempat, Presiden Biden juga mengungkapkan, pemerintah berencana untuk sesegera mungkin memberikan vaksin untuk anak-anak usia 12-15 tahun. 

Keinginan Presiden Biden ini tetap memerhatikan tantangan penanganan COVID-19 yang semakin kompleks dan tidak terduga. Tujuan baru ini termasuk memiliki 160 juta orang dewasa yang telah divaksinasi penuh pada tanggal Empat Juli.

Selain itu, fokus vaksinasi akan lebih banyak menyasar daerah pedesaan dan lokasi vaksinasi yang lebih kecil, karena situ vaksinasi massal akan ditutup. 

"Sekarang kami memiliki pasokan vaksin, kami fokus untuk meyakinkan lebih banyak orang Amerika untuk datang dan mendapatkan vaksin yang tersedia bagi mereka," kata Joe Biden di Gedung Putih, seperti melansir Reuters, Rabu 5 Mei. 

"Jika kami berhasil dalam upaya ini, maka orang Amerika akan mengambil langkah serius menuju kembali normal," sambungnya. 

Sementara itu, seorang pejabat administrasi mengatakan, sedikitnya 105 juta orang Amerika telah divaksinasi penuh dan lebih dari 56 persen 147 juta orang dewasa telah menerima setidaknya satu suntikan.

Pemerintah Amerika Serikat sendiri sedang berupaya untuk memenangkan hati mereka yang ragu-ragu tentang vaksin tersebut, termasuk pendukung mantan Presiden Donald Trump dan orang dewasa muda.

"Ada banyak orang yang lebih muda, terutama mereka yang berusia 20-an dan 30-an tahun yang percaya bahwa mereka tidak membutuhkannya. Saya ingin menjelaskan secara mutlak: Anda memang perlu divaksinasi," kata Biden.

Sejak menjabat, Presiden Biden dan timnya berulang kali telah menetapkan tujuan seperti mendapatkan 100 juta orang divaksinasi selama 100 hari pertamanya menjabat, target yang kemudian meningkat menjadi 200 juta orang, hanya untuk melampaui mereka.

"Salah satu karakteristik dari pendekatan COVID Biden adalah underpromise & overdeliver. Jadi ketika mereka mengatakan bahwa mereka menargetkan 70 persen orang dewasa telah menerima setidaknya satu suntikan pada 4 Juli, itu berarti mereka cukup yakin mereka dapat melakukannya dengan lebih baik," tulis Dr. Robert Wachter, profesor dan ketua Departemen Kedokteran pada Universitas California di Twitter.

Terkait dengan rencana vaksin untuk anak-anak berusia 12-15 tahun, Presiden Joe Biden mengatakan siap memberikan vaksin setelah ada persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA). Saat ini, vaksin diperuntukan bagi mereka yang berusia 16 tahun ke atas.

"Saya ingin orang tua Amerika tahu bahwa jika pengumuman itu datang, kami siap segera pindah," ungkap Presiden Biden.

"Jika persetujuan FDA telah keluar, ada 20.000 apotek di seluruh Amerika Serikat yang akan berfungsi sebagai tempat vaksinasi," pungkasnya.