Presiden Joe Biden Targetkan Seluruh Orang Dewasa Memenuhi Syarat Terima Vaksin COVID-19 Sebelum 19 April
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Twitter/JoeBiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Hari Selasa waktu setempat mengumumkan perubahan target vaksinasi COVID-19 bagi orang dewasa yang memenuhi syarat.

Jika semula dalam peringatan 1 tahun pandemi COVID-19 di Amerika Serikat Presiden Biden menargetkan 1 Mei. Kemarin, Ia memajukan jadwal tersebut dua minggu lebih cepat, menjadi 19 April.

"Tetapi, dengan varian virus baru yang menyebar, kita masih dalam perlombaan hidup dan mati dengan virus corona," kata Presiden Joe Biden, melansir Reuters Kamis 7 April.

Target ini berlaku untuk warga negara Amerika Serikat yang telah berusia 18 tahun atau lebih. Sementara, Belum ada vaksin COVID-19 yang diizinkan untuk anak di bawah 16 tahun, meskipun pengujian sedang dilakukan.

Sebagian besar negara bagian Amerika Serikat telah mengatakan mereka akan membuka vaksin untuk semua orang dewasa pada tanggal target baru itu.

"Apa yang kita lakukan sekarang akan menentukan berapa banyak orang yang akan kita selamatkan atau hilangkan di Bulan April dan Mei, dan Juni, sebelum kita mencapai 4 Juli (Hari Kemerdekaan Amerika Serikat)," tutur Presiden Biden di Gedung Putih.

Sementara itu, Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, pengumuman Presiden Biden telah mengonfirmasi kepada publik, semua orang berhak (mendapat vaksin COVID-19) di seluruh negeri.

"Ini berarti orang Amerika tidak perlu lagi memeriksa situs web negara bagian dan lokal untuk melihat apakah mereka memenuhi syarat. Tidak ada lagi aturan yang membingungkan," jelas Psaki.

Untuk diketahui, Presiden Joe Biden menargetkan penyuntikan 100 juta dosis vaksin COVID-19 dalam 100 hari pertamanya menjabat presiden. Dan, pada akhir April diharapkan sudah memberikan 200 juta dosis vaksin COVID-19.

Hingga kini, sebanyak 167 juta dosis vaksin COVID-19 telah diberikan di Amerika Serikat, dengan perbandingan empat dari sepuluh orang telah menerima satu dosis vaksin.

Amerika Serikat diketahui menggunakan vaksin COVID-19 lansiran Moderna dan Pfizer dengan dua dosis dan vaksin Johnson & Johnson dengan satu dosis. Vaksin Pfizer diizinkan untuk usia 16 tahun ke atas. Sementara dua lainnya untuk usia 18 tahun ke atas.