Michael Collins Astronot Apollo 11 Meninggal Dunia, NASA: Bangsa Kehilangan Pelopor Sejati
Awak Apollo 11 (ki-ka): Neil A Armstrong, Michael Collins, Edwin E. Aldrin Jr. (Wikimedia/Commons/NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Michael Collins, astronot NASA yang menjadi pilot modul komando untuk misi Apollo 11 ke bulan, meninggal pada usia 90 tahun setelah berjuang melawan kanker.

Keluarganya membagikan berita tersebut pada hari Rabu setelah dia meninggal di halaman Facebook Collins.

"Kami menyesal untuk berbagi bahwa ayah dan kakek kami yang tercinta meninggal hari ini, setelah pertempuran sengit melawan kanker," bunyi pernyataan itu, melansir CNN, Kamis 29 April.

"Dia menghabiskan hari-hari terakhirnya dengan damai, dengan keluarganya di sisinya. Mike selalu menghadapi tantangan hidup dengan rahmat dan kerendahan hati, dan menghadapi ini, tantangan terakhirnya, dengan cara yang sama. Kami akan sangat merindukannya. Namun kami juga tahu Betapa beruntungnya Mike menjalani kehidupan yang dia lakukan," tutur pihak keluarga.

"Kami akan menghormati keinginannya agar kami merayakan, bukan berkabung, kehidupan itu. Bergabunglah dengan kami dengan penuh kasih dan sukacita mengingat kecerdasannya yang tajam, tujuan yang tenang, dan sudut pandangnya yang bijak , diperoleh dari melihat kembali ke Bumi dari ruang angkasa dan memandang ke seberang perairan yang tenang dari geladak kapal penangkap ikannya. Keluarga kami meminta privasi selama masa sulit ini," lanjut pihak keluarga.

michael colling
Michael Collins. (Wikimedia Commons/NASA)

NASA, tempat Collins menghabiskan tujuh tahun karirnya sebagai astronot, juga merilis pernyataan tentang meninggalnya Collins.

"Hari ini bangsa kehilangan pelopor sejati dan pendukung seumur hidup untuk eksplorasi di astronot Michael Collins," kata pejabat Administrator NASA Steve Jurczyk dalam sebuah pernyataan. 

"Sebagai pilot modul komando Apollo 11, beberapa menyebutnya 'orang paling kesepian dalam sejarah, sementara rekan-rekannya berjalan di Bulan untuk pertama kalinya, dia membantu bangsa kita mencapai tonggak yang menentukan. Dia juga membedakan dirinya di Program Gemini dan sebagai pilot Angkatan Udara," papar Steve.

"Michael tetap menjadi promotor ruang angkasa yang tak kenal lelah. Eksplorasi bukanlah pilihan, sungguh, itu keharusan. Apa yang layak dicatat adalah jenis peradaban apa yang kita penduduk Bumi. diciptakan dan apakah kita berkelana ke bagian lain galaksi atau tidak," 

michael collins
Michael Collins jelang misi Apollo 11. (Wikimedia Commons/NASA)

"Prestasi khasnya sendiri, tulisannya tentang pengalamannya, dan kepemimpinannya di National Air and Space Museum membantu mendapatkan eksposur yang luas atas karya semua pria dan wanita yang telah membantu bangsa kita mendorong dirinya sendiri menuju kehebatan dalam penerbangan dan luar angkasa. Di sana Tidak diragukan lagi dia menginspirasi generasi baru ilmuwan, insinyur, pilot penguji, dan astronot," urai Steve.

"NASA berduka atas kehilangan pilot dan astronot yang ulung ini, seorang teman dari semua yang berusaha mendorong selubung potensi manusia. Apakah karyanya ada di balik layar atau dalam tampilan penuh, warisannya akan selalu menjadi salah satu pemimpin yang mengambil alih potensi manusia. Langkah pertama Amerika ke dalam kosmos. Dan jiwanya akan menyertai kita saat kita menjelajah ke cakrawala yang lebih jauh," pungkasnya.

Bersama dengan Neil A. Armstrong dan Edwin E. Aldrin Jr, Michael Collins mengawaki misi luar angkasa Apollo 11. Edwin "Buzz" Aldrin, mantan astronot NASA dan pilot modul bulan dari tersebut, berbagi kesedihannya atas meninggalnya Collins.

"Dear Mike, Dimanapun Anda pernah atau akan berada, Anda akan selalu memiliki ppi untukmMembawa kami dengan cekatan ke ketinggian baru dan ke masa depan. Kami akan merindukanmu. Semoga Anda Beristirahat Dalam Damai. # Apollo11," tulis Aldrin di Facebook.

Collins yang lahir pada 31 Oktober 1930 di Roma, Italia, menjadi pilot Angkatan Udara, kemudian menjadi astronot di program Gemini. Dia adalah orang Amerika ketiga yang melakukan spacewalk, menurut NASA. Termasuk misi Apollo 11, Collins mencatat 266 jam di luar angkasa, kata NASA.