Astronaut Apollo 11 Buzz Aldrin Terima Vaksin COVID-19
Buzz Aldrin (@drbuzzaldrin, Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Buzz Aldrin, astronaut yang menjadi rekan Neil Armstrong dalam misi ke bulan, telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. Vaksinasi tersebut didapatkannya sebelum merayakan hari ulang tahunnya yang ke-91.

“Menerima vaksin COVID-19 pertama saya hari ini, beberapa hari sebelum ulang tahun yang ke-91,” tulis Aldrin dalam sebuah tweet yang diunggahnya pada Senin sore.

Tidak hanya berupa cuitan, Aldrin juga membagikan foto dirinya yang sedang divaksin yang disertai dengan pernyataan:

“Saya ingin berterima kasih kepada seluruh ilmuwan, pekerja kesehatan, dan pemerintah yang bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan dn mendistribusikan vaksin Covid-19,” tambahnya.

Melansir Space, Aldrin tidak asing dengan imunisasi. Sebelum penerbangan bersejarahnya ke bulan, ia dan Neil Armstrong harus menjalani sejumlah vaksinasi terlebih dahulu sebelum meluncur dalam Apollo 11 untuk kemudian menjadi manusia pertama yang mendarat di bulan.

Waktu itu, astronaut Apollo 11 diimunisasi terhadap difteri, tifus, tetanus, influenza, poliomielitis, rubella, rubeola, cacar dan demam kuning sebagaimana yang dilaporkan NASA. Tidak hanya para astronaut, seluruh anggota keluarga astronaut pun diwajibakan menerima vaksinasi.

Namun, belum diketahui vaksin merek apa yang disuntikkan ke tubuh astronaut yang pada hari ini berusia 91 tahun itu. Sejauh ini ada dua vaksin yang disetujui pemerintah Amerika Serikat untuk penanganan COVID-19, yakni Pfizer buatan BioNTech dan Moderna.