Jokowi Bakal Lantik Mendikbud-Ristek Nadiem dan Bahlil Sebagai Menteri Investasi Besok
Presiden Jokowi (Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan (reshuffle) kabinet pada Rabu, 28 April besok. Jokowi dikabarkan bakal melantik Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Riset Teknologi serta Menteri Investasi.

Berdasarkan sumber dari lingkaran istana, Jokowi bakal melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi. Bahlil sebelumnya menjabat sebagai Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Sementara Nadiem, dipastikan akan menjabat sebagai Mendikbud-Ristek.

"Iya (besok diumumkan, red)," kata sumber VOI tersebut saat dihubungi, Selasa, 27 April.

Diberitakan sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, kembali mengatakan bahwa tak lama lagi, Presiden Jokowi akan mengumumkan reshuffle kabinet.

"Saya selalu bilang tidak lama, karena karakter leadership Bapak Joko Widodo dalam menanggapi yang begini selalu cepat, dan alhamdulillah tepat," ujar Ngabalin, Selasa, 27 April.

Lagi-lagi menurutnya, akan ada menteri baru yang bakal dilantik Presiden Jokowi. Tapi, dia belum mengetahui siapa nama calon menteri itu. 

Dia hanya mengungkapkan, pengumuman reshuffle dilakukan jika nomenklatur penggabungan kementerian baru sudah selesai. Dikatakannya, DPR sudah mengirim surat terkait merger Kemendikbud dan Ristek serta pembentukan kementerian investasi kepada pemerintah dari pekan kemarin.

"Dua pokok ini kita bicarakan, pasti Presiden melantik itu menteri, karena nomenklatur yang berubah, sehingga ada menteri yang nanti akan dilantik, yakni pendidikan dan kebudayaan dan teknologi," ungkapnya. 

"Begitu juga ada menteri baru yang dilantik, namanya menteri investasi, mungkin juga Kepala Badan Riset Nasional," sambung Ngabalin.

DPR sebelumnya menyerahkan surat persetujuan penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), serta pembentukan Kementerian Investasi kepada pemerintah.