Galang Dana Beli Kapal Selam, Kemenhan: Negara Menangkap Pesan Semangat Patriotisme untuk Gotong Royong
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pihaknya mengapresiasi penggalangan dana yang dilakukan oleh Ustaz Abdul Somad untuk membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala-402. Pihaknya juga tak ingin berburuk sangka terhadap penggalangan dana tersebut.

"Tentu patut kita apresiasi semangat patriotisme yang ditebar oleh para tokoh agama tersebut dan negara sangat menghormati," kata Dahnil saat dihubungi wartawan, Selasa, 27 April.

"Jadi negara menangkap pesan semangat patriotisme untuk bergotong royong dan bangkit bersama. Itu yang paling penting," imbuhnya.

Dia menyebut semua pihak tak perlu berburuk sangka dengan ajakan penggalangan dana tersebut. Lagipula, bangsa ini sedang berduka atas gugurnya 53 prajurit TNI dalam peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-402 di perairan utara Bali.

"Kami concern menangkap pesan dan semangat tokoh agama tersebut sebagai pendakwah dan semangat itu positif tanpa perlu berburuk sangka dengan berbagai praduga," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, penceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) mengajak masyarakat patungan untuk membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan Bali, Rabu, 21 April. UAS menggandeng Masjid Jogokariyan Yogya dalam kegiatan donasi ini.

Hal itu diumumkan UAS di akun Instagram resminya, @ustadzabdulsomad_official pada Senin, 26 April. Dalam unggahan yang dipantau VOI, UAS mengunggah foto KRI Nanggala-402 dan menyertakan berisi ajakan donasi itu dua jam lalu.

"RAKYAT BERSATU. JAGA KEDAULATAN LAUT KITA. Open Donasi Patungan Rakyat Indonesia Untuk Pembelian Kapal Selam Pengganti Nanggala 402 Bersama Masjid Jogokariyan Jogja," tulis UAS dalam akun Instagramnya.

UAS kemudian mengajak seluruh warga Indonesia memberikan sumbangsih untuk membangun kekuatan militer laut. Dia juga menyertakan nomor rekening yang digunakan untuk menampung donasi tersebut.

"Setelah KRI Nanggala 402 beserta seluruh awaknya yang gugur syahid menjalani 'Eternal Patrol', mari kita seluruh rakyat Indonesia, bahu-membahu mengulurkan tangan dan sumbangsih membangun kekuatan armada laut kita agar kembali berjaya. Kami dari Masjid Jogokariyan, mengajak seluruh putra-putri Indonesia yang berjiwa patriot dan cinta negeri ini, beramal bersama dalam Open Donasi Patungan Penggalangan Dana Pembelian Kapal Selam Pengganti Nanggala 402," ucap UAS.

"No Rekening Khusus Pengadaan Kapal Selam BSM/BSI no.rek 7202002298 atas nama Masjid Jogokariyan. Konfirmasi via WhatsApp ke: 081311351136," tulis UAS.