Momen Istimewa Anies Baswedan <i>Nginap</i> di Kamar Kyai Ageng Besari, Netizen: RI 1, Blusukan Berkelas Bukan ke Comberan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyempatkan diri silaturahmi ke joglo warisan keluarga ulama besar Kyai Ageng Muhammad Besari (wafat 1747M) di Desa Tegalsari, Ponorogo.

Silaturahmi dilakukan Anies di sela-sela kunjungannya ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur merajut kerjasama ketahanan pangan dengan pemerintah kabupaten setempat.

Anies Baswedan bercerita, pada 2009 dirinya diberi amanah untuk untuk memanfaatkan dan mengurus joglo yang usianya lebih dari 300 tahun tersebut. Syukurlah, hari ini Anies bisa menjenguk lokasinya langsung. 

"Kyai Ageng Muhammad Besari yang merintis padepokan Gebang Tinatar sekitar tahun 1700an. Pusat pendidikan agama ini lalu membesar dan berperan sentral di masanya," kata Anies dikutip VOI dari akun Instagram @aniesbaswedan, Selasa, 27 April.

Dari Kyai Ageng inilah muncul tokoh, ulama, kyai yang berpengaruh di tanah Jawa. Dari Padepokan atau Pondok Tegalsari ini pula cikal bakal konsep pondok pesantren yang kita kenal saat ini.

"Rencana semula kami silaturahmi di Tegalsari sampai maghrib lalu kembali ke Madiun, menginap di sebuah hotel disana. Tapi dzuriyah, keluarga keturunan, meminta untuk bermalam di Ndalem Ageng supaya bisa ngobrol lebih panjang," ujar Anies. 

Dalam kesempatan itu, Anies diminta oleh keluarga agar tidurnya di Ndalem Njero atau kamar yang dulu digunakan Kyai Ageng Besari."Sebuah kehormatan luar biasa, karena selama ini tidak pernah digunakan untuk tidur dan tidak ada yang diizinkan untuk tidur di kamar itu," 

"Malam itu tidur sendirian di Ndalem Njero hingga saat sahur. Sebuah kamar besar yang terasa teduh, tenang dan amat nyaman. Kayunya amat tua hingga ada lapisan yang membuatnya jadi terkesan keabu-abuan. Dipan asli sudah tidak digunakan, potensi rapuh akibat usia yang amat panjang," ujar Anies.

Unggahan Anies ini mendapat respon beragam dari netizen. Banyak yang mendoakan Anies agar selalu sehat dalam menjalankan aktivitasnya sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta. 

Ada pula yang menghubung-hubungkan aktivitas Anies dengan persiapan menunju kursi Pilpres di 2024. Terlepas dari benar tidaknya, berikut beberapa komentar netizen atas unggahan Anies.

"Tangan ini udah gak sabar nyoblos yg ada tulisan Anies Baswedan RI 1," @mas_dik****

"Semoga bapak Anies Baswedan kelak menjadi pemimpin di negeri ini... Aamiin..."@al_jo****

"Smg pak Anies jd Presiden Aamiin,"@safirade****

"Duh duh...si bapak kunjungan ke byk daerah di indonesia khawatir ada yg beranggapan bapak nyolong start buat kampanye diri tuk 2024," @umi_naureenbiancakinan****

"Calon presiden masa depan blusukannya keren ketempat tempat dimana ilmuu bertumbuh dan berkembang. Bukan ke comberan dan gorong gorong sempit. Karena itu sudah ada petugasnya..." @elvaan****