Departemen Pertahanan Amerika Serikat Akui Kebenaran Video Fenomena Udara Tak Dikenal Tahun 2019
Ilustrasi UFO. (Unsplash/Albert Antony)

Bagikan:

JAKARTA - Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah mengonfirmasi foto dan video yang bocor dari fenomena udara tak dikenal (UAP), yang diambil pada tahun 2019 memang gambar sah dari objek yang tidak dapat dijelaskan.

Foto dan video objek berbentuk segitiga yang berkedip dan bergerak melalui awan diambil oleh personel Angkatan Laut, kata juru bicara Pentagon Sue Gough dalam sebuah pernyataan kepada CNN, yang dilansir Jumat 16 April. 

Dia juga mengonfirmasi, foto dari tiga benda terbang tak dikenal, satu berbentuk bola, yang lain berbentuk biji pohon ek dan satu lagi ditandai sebagai balon logam, juga diambil oleh personel Angkatan Laut.

"Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, untuk menjaga keamanan operasi dan untuk menghindari pengungkapan informasi yang mungkin berguna bagi musuh potensial, DOD tidak membahas secara terbuka perincian baik dari pengamatan atau pemeriksaan serangan yang dilaporkan ke wilayah pelatihan kami atau wilayah udara yang ditentukan, termasuk serangan itu awalnya disebut UAP," kata Gough.

Lebih jauh diterangkan olehnya, Satuan Tugas Fenomena Udara Tak Teridentifikasi, yang dibentuk pada Agustus untuk menyelidiki penampakan UFO yang diamati oleh militer, telah memasukkan insiden ini dalam penyelidikan yang tengah dijalani.

Foto dan video Angkatan Laut Amerika Serikat tersebut diterbitkan oleh Mystery Wire dan di situs web Extraordinary Beliefs minggu lalu. Tetapi, foto itu telah beredar di dunia maya sejak tahun lalu.

Ada sejumlah laporan pesawat tidak sah dan/atau tak dikenal memasuki berbagai lokasi yang dikendalikan militer dan ruang udara yang ditentukan dalam beberapa tahun terakhir" kata Angkatan Laut pada 2019.

Tahun lalu, Pentagon merilis tiga video yang menunjukkan fenomena udara tak dikenal, klip yang sebelumnya dikonfirmasi oleh Angkatan Laut Amerika Serikat adalah nyata.

Terpisah, Badan intelijen Amerika Serikat telah diarahkan untuk memberikan laporan tidak rahasia tentang UAP kepada Kongres pada Bulan Juni.