Total 31 Terduga Teroris di Makassar Ditangkap Densus 88
ILUSTRASI/ANTARA/Bekas rumah tahanan militer peninggalan Belanda

Bagikan:

JAKARTA - Total 31 orang terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror Polri di Makassar, Sulsel dan sekitarnya. Densus 88 masih memetakan jaringan kelompok teroris pasca-bom gereja Katedral Makassar.

“Sampai saat ini pasca bom bunuh diri di gereja Katedral, Densus berhasil mengamankan 31 tersangka teroris di Makassar dan sekitarnya,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Rabu, 14 April.

Mereka yang ditangkap disebut jaringan kelompok Villa Mutiara, Biringkanaya, Makassar. Kelompok ini terafiliasi dengan JAD. 

Sebelumnya, Polri menyebut kelompok terduga teroris Villa Mutiara, Biringkanaya, Makassar menggunakan pola kluster terdekat. Para terduga teroris mengajak anggota keluarganya.

"Cara perekrutan jelas kluster terdekat, itu dari keluarga biasanya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

Dalam kelompok ini sambung Rusdi biasanya kepala keluarga atau bapak yang terlebih dulu masuk dalam kelompok. Dari situ, istri dan anaknya ikut diajak masuk.

Pola perekrutan ini disebut lebih mudah untuk mengembangkan kelompok Villa Mutiara Makassar. 

"Yang terdekat saja yang akan mereka bawa, itu menjadi bagian yang termudah bagaimana bisa mempengeruhi orang-orang tertentu dengan paham-paham seperti ini," kata Rusdi