Wagub DKI Riza Heran Jakarta Masuk Daftar Kota Termahal di Dunia
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Rizky Adytia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Jakarta dinobatkan menjadi salah satu kota termahal di dunia versi survei Bank Julies Baer's Global Wealth and Lifestyle Report 2021. Ibu Kota Indonesia ini masuk dalam urutan 20 kota termahal.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria heran. Dia justru baru mengetahui predikat Jakarta menjadi kota termahal. Pemprov DKI, kata dia akan mengkaji penyebab nominasi tersebut.

"Saya baru dengar. Belum baca persis surveinya seperti apa. Nanti kami akan kaji, teliti, kenapa Jakarta masuk 20 kita termahal di dunia," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 13 April.

Tapi, Riza mengklaim harga barang-barang kebutuhan di Jakarta masih terjangkau dan sesuai dengan kantong warganya. Meski ada kenaikanharga kebutuhan pangan saat Ramadan dan jelang Isulfitri, ia anggap masih dalam batas wajar.

"Yang pasti sampai hari ini di Jakarta, semua kebutuhan bisa dipenuhi, harganya terjangkau, bisa dibeli oleh warga Jakarta. Termasuk kebutuhan pangan memasuki Ramadan dan Idulfitri. Kebutuhan pangan, stok tersedia, harga terjangkau," ungkap dia.

Dikutip dari CNBC, bank asal Swiss, Bank Julius Baer merilis 25 kota termahal di dunia. Jakarta masuk dalam urutan 20 kota termahal bagi para jutawan.

Pertimbangan Jakarta masuk dalam kota termahal di dunia adalah penjualan barang yang dihargai cukup tinggi, yakni minuman whiskey serta tas dan sepatu wanita.

Berikut adalah deretan lengkap kota termahal dunia versi Bank Julies Baer's Global Wealth and Lifestyle Report 2021:

1. Shanghai

2. Tokyo

3. Hong Kong

4. Monaco

5. Taipe

6. Zurich

7. Paris

8. London

9. Singapura

10. New York

11. Bangkok

12. Dubai

13. Milan

14. Sydney

15. Barcelona

16. Manila

17. Frankfurt

18. Moscow

19. Miami

20. Jakarta

21. Sao Paulo

22. Mumbai

23. Mexico City

24. Vancouver

25. Johannesburg