Bagikan:

JAKARTA - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung mengaku akan mengupayakan penambahan rute MRT Jakarta jika memenangkan Pilkada 2024. Rute yang ingin ditambah Pramono akan melintasi Jakarta International Stadium (JIS).

Saat ini, pembangunan MRT Jakarta berada pada fase 2 yang menyambungkan Stasiun Bundaran HI ke arah utara hingga kawasan Ancol, Jakarta Utara. Pramono berencana untuk menambah rute ke Tanjung Priok agar melewati JIS.

"kerja sama pemerintah daerah dan pemerintah pusat harus tetap dilanjutkan, contohnya MRT yang mengarah sampai dengan Marina (Ancol). Tapi saya akan mengusulkan tambahan sampai dengan Tanjung Priok, karena memang harus lewat JIS dan sebagainya," kata Pramono di Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Jumat, 25 Oktober.

Dalam perencanaannya, Fase 2A MRT Jakarta dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI—Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027, dan segmen dua Harmoni—Kota yang ditargetkan selesai pada 2029.

Sementara itu, Fase 2B MRT Jakarta yang rencananya melanjutkan dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).

Selain itu, Pramonojuga berjanji akan melanjutkan pembangunan LRT Jakarta yang kini tengah dalam proses konstruksi di fase 1B. Fase 1B direncanakan memiliki 5 stasiun yang menyambungkan Stasiun Velodrome ke Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

Tak hanya itu, Pramono juga berencana mengembangkan rute Transjakarta hingga ke daerah penyangga kawasan aglomerasi Jabodetabek.

"Jadi konektivitas untuk Jakarta bukan lagi hanya Transjakarta, tapi sudah harus menjadi Transjabodetabek. Percuma Jakartanya selesai, kalau Transjabodetabeknya tidak selesai, Kemacetan tetap akan terjadi," tutur Pramono.

"Jakarta ini kan sekarang infrastrukturnya relatif sudah jauh lebih baik. Apa yang sudah diperbuat, kerjasama pemerintah daerah dan pemerintah pusat harus tetap dilanjutkan," tambahnya.