Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Florida Ron DeSantis menolak untuk menerima panggilan telepon dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris terkait kooordinasi penanganan dampak badai Helene.

Sumber yang dikutip ABC News menyebut tim DeSantis menganggap panggilan telepon bagian dari motif politik.

Selain itu, Staf DeSantis juga mengatakan gubernur belum berbicara dengan Presiden Joe Biden dalam beberapa hari terakhir.

Beberapa waktu kemudian, DeSantis mengaku tak menyadari wakil presiden telah menghubunginya.

"Tidak, saya tidak tahu dia menelepon saya. Saya melihat (laporan), tapi saya tidak menyadarinya," kata DeSantis.

Menanggapi persoalan ini, Kamala Harris menyebut gubernur Florida sangat egois dan memainkan permainan politik saat krisis.

“Masyarakat sangat membutuhkan dukungan saat ini dan memainkan permainan politik dengan momen ini, dalam situasi krisis ini, ini adalah puncak dari situasi darurat, ini sama sekali tidak bertanggung jawab, dan egois,” kata Harris, Senin, 7 Oktober sore waktu setempat.

Belakangan Gubernur Florida sudah berkoordinasi dengan Administrator Badan Manajemen Darurat Federal Deanne Criswell pada Minggu dan memastikan pejabat federal terus bekerja mempersiapkan penanganan badai Milton.

Tapi Gubernur DeSantis juga balik menyindir Kamala Harris. Wapres AS dianggap tak punya kontribusi.

"Dia tidak punya peran dalam hal ini. Faktanya, dia sudah menjadi wakil presiden selama tiga setengah tahun. Saya telah menghadapi sejumlah badai di bawah pemerintahan ini. Dia tidak pernah memberikan kontribusi apa pun dalam upaya ini,” katanya.