Ucapan Kamala Harris Saat Mundur dari Senat: Saya akan Mengemban Tanggung Jawab Lebih Besar
Kamala Harris (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) terpilih Amerika Serikat (AS), Kamala Harris secara resmi menyerahkan surat pengunduran diri dari kursi Senat AS kepada Gubernur California Gavin Newsom. Pengunduran diri itu mengakhiri karier empat tahunnya di majelis.

Mengutip CNN, Selasa, 19 Januari, saat Harris mengucapkan selamat tinggal pada kursinya, ia meyakinkan masyarakat AS pekerjaannya belum selesai karena dia memiliki tanggung jawab lain --yang bahkan lebih besar-- begitu dia disumpah sebagai Wapres AS pada Rabu, 20 November. Harris jadi wanita, kulit hitam dari Asia Selatan pertama yang jadi Wapres AS.

"Dan ini bukan ucapan selamat tinggal. Saat saya mengundurkan diri dari Senat. Saya bersiap untuk mengambil sumpah yang akan saya pimpin," kata Harris.

"Seperti yang pernah ditunjukkan oleh senator yang menjadi Wakil Presiden Walter Mondale, wakil presiden adalah satu-satunya di pemerintahan kami yang 'dimiliki oleh cabang eksekutif dan legislatif.' Tanggung jawab menjadi lebih besar dengan jumlah yang sama dari Partai Demokrat dan Partai Republik di Senat."

Harris, yang juga wanita kulit hitam pertama yang menjabat sebagai senator untuk Golden State, memenangi kursi Senat pada November 2016 dan dilantik pada Januari 2017. Saat itu Harris adalah Jaksa Agung California.

Newsom telah menunjuk Alex Padilla, Sekretaris Negara Bagian California, untuk mengisi kursi Harris. Harris telah berbicara dengan Padilla sebelum dia dilantik menjadi Senat, menurut seseorang yang mengetahui diskusi tersebut.

Saat menyampaikan pengunduran dirinya, Harris juga berbicara tentang pemberontakan mematikan di Gedung Capitol AS. Ia mengatakan bahwa "AS memiliki dua sistem keadilan, satu yang gagal untuk menahan para perusuh pada 6 Januari dan satu lagi yang melepaskan gas air mata pada demo tanpa kekerasan pada musim panas lalu."

Setelah proses kampanye dan pemilu yang penuh drama, Joe Biden dan Kamala Harris akan dilantik pada Rabu, 20 Januari. Wapres AS Mike Pence memastikan keamanan transisi kekuasaan tersebut.

“Kita semua menjalani hari itu, 6 Januari. Dan seperti yang dijelaskan Presiden kemarin, kita berkomitmen untuk transisi yang tertib dan pelantikan yang aman. Rakyat Amerika berhak mendapatkannya,” kata Pence. 

Pence juga menegaskan bahwa Joe Biden dan Kamala Harris akan dilantik dalam suasana dan cara yang sesuai dengan sejarah dan tradisi AS yang telah berlangsung lama. Termasuk juga dengan memberikan penghormatan kepada rakyat AS.

Pelantikan tersebut juga akan dihadiri oleh berbagai bintang ternama. Lady Gaga diumumkan akan menyanyikan lagu kebangsaan dan Jennifer Lopez menjadi penampil musikal. Acara nanti juga dimeriahkan oleh Whoopi Goldberg, Nik Dodani, Cristela Alonzo, penyanyi Darren Criss serta diiringi penampilan dari Black Pumas.