Bagikan:

JAKARTA - PDIP menjadi satu-satunya fraksi di DPRD DKI Jakarta mengusulkan nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta berbeda dari usulan parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Fraksi partai di KIM Plus kompak mengusulkan tiga nama yang akhirnya dipilih menjadi usulan DPRD karena hasil voting yang paling banyak. Ketiga nama tersebut adalah Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, dan Akmal Malik.

"Publik akan menilai tentang sosok nama-namanya yang diusulkan ini," kata Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat, 13 September.

Sementara itu, hanya PDIP yang mengusulkan nama Heru Budi Hartono agar kembali menjabat Pj Gubernur DKI Jakarta hingga pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta terpilih hasil Pilkada 2024.

Dua nama lain yang diusulkan PDIP adalah Sekda DKI Joko Agus Setyono dan Deputi Gubernur DKI Marullah Matalli. Namun, Heru, Joko, dan Marullah tidak dipilih menjadi 3 nama usulan DPRD karena hasil voting sedikit.

Padahal, menurut Rio, tiga nama ASN ini telah memahami betul persoalan Jakarta karena bekerja di lingkungan Pemprov DKI sejak lama. Lagipula, PDIP melihat aspek rasionalisasi terhadap keberlanjutan program Pemprov DKI ke depan.

"Apalagi nanti kita perlu pengelolaan pembahasan APBD 2025, yang jangan sampai mengalami distorsi yang terlalu jauh. Yang paling penting kita mengalami transisi kekuasaan kewenangan pemerintah DKI Jakarta," ucap Rio.

"Kita bukan menegasikan atau mengabaikan kapasitas rekan-rekan yang di luar itu. Tapi dalam konteks tiga aspek itu, rasanya itu sesuai dengan yang kita usulkan," tambahnya.

Hari ini, DPRD menggelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab) penyampaian usulan nama-nama calon Gubernur DKI Jakarta pengganti Heru Budi setelah dua tahun menjabat.

Berdasarkan hasil voting terbanyak, Teguh Setyabudi, Akmal Malik, dan Tomsi Tohir ditetapkan sebagai 3 nama calon usulan DPRD DKI.

Saat ini, Teguh Setyabudi merupakan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik adalah Pj Gubernur Kalimantan Timur, dan Tomsi Tohir kini menjabat Plt Sekjen Kemendagri.

Adapun tiga nama itu kelak disampaikan ke Kemendagri yang juga memiliki tiga usulan nama. Usulan dari DPRD dan Kemendagri kelak akan diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk memilih salah satu nama yang menjadi Pj Gubernur DKI baru.