Bagikan:

JAKARTA - DPRD DKI Jakarta menggelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk menyampaikan usulan nama-nama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta setelah masa jabatan Heru Budi Hartono berakhir pada 17 Oktober mendatang.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD DKI sementara, Achmad Yani dan dihadiri oleh perwakilan 9 fraksi, yakni PKS, PDIP, Gerindra, Golkar, PKB-PPP, PAN, Demokrat-Perindo, PSI, dan NasDem. Setiap fraksi mengusulkan 3 nama ASN eselon I untuk voting.

"Saya minta masing-masing fraksi menyebutkan nama. Setelah itu baru menyerahkan (nama yang diusulkan kepada pimpinan DPRD)," kata Achmad Yani di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat, 13 September.

Hasilnya, tiga nama yang paling banyak diusulkan menjadi calon Pj Gubernur DKI Jakarta yakni Teguh Setyabudi dengan 8 fraksi yang mengusulkan, Tomsi Tohir dengan 7 usulan, dan Akmal Malik dengan 7 usulan.

Saat ini, Teguh Setyabudi merupakan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik adalah Pj Gubernur Kalimantan Timur, dan Tomsi Tohir kini menjabat Plt Sekjen Kemendagri.

Partai-partai yang kompak mengusulkan 3 nama itu merupakan partai yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Tak disangka, Heru Budi yang telah menjabat Pj Gubernur DKI hampir dua tahun hanya diusulkan oleh satu fraksi, yakni PDIP. Selain Heru, PDIP juga mengusulkan Sekda DKI Joko Agus Setyono dan Deputi Gubernur DKI Marullah Matalli.

"Sudah setuju semua ya? tanya Yani dalam rapat.

"Setuju," jawab perwakilan fraksi.

Selanjutnya, tiga nama itu kelak disampaikan ke Kemendagri untuk dipilih salah satunya oleh Presiden Jokowi. Satu nama yang dipilih akan menggantikan Heru Budi menjabat Pj Gubernur DKI hingga pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jakarta terpilih hasil Pilkada 2024.

Berikut usulan nama-nama Pj Gubernur DKI Jakarta dari setiap fraksi:

1. PKS: Teguh Setyabudi, Rudy Sufahriadi, Akmal Malik

2. PDIP: Heru Budi Hartono, Joko Agus Setyono, Marullah Matali

3. Gerindra: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik

4. Golkar: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik

5. PKB-PPP: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik

6. PAN: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik

7. Demokrat-Perindo: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik

8. PSI: Tomsi Tohir, Teguh Setyabudi, Akmal Malik

9. NasDem: Joko Agus Setyono, Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir