Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Posko Ops Tribrata Jaya 2024 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Tujuannya guna memastikan pengamanan Misa Akbar yang dipimpim Paus Fransiskus berjalan sesuai prosedur.

Diketahui, dalam mengamankan kegiatan tersebut, Polri menggelar Operasi Kepolisian Terpusat Tribrata Jaya 2024. Sekitar 4.730 personel yang terbagi menjadi 8 Satgas dikerahkan.

"Saya melaksanakan peninjauan Posko Ops Tribrata Jaya 2024 dalam rangka pengamanan kunjungan Paus Fransiskus dan kegiatan International Sustainability Forum (ISF) Tahun 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 3-6 September 2024 di Provinsi DKI Jakarta," ujar Sigit dalam akun Instagram resminya, Rabu, 4 September.

Misa Agung yang dipimpin Paus Fransiskus bakal diselenggarakan Kamis, 5 September 2024, sekitar pukul 17.00 WIB.

Dalam peninjauan itu, Kapolri menekankan seluruh jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gangguan keamanan.

“Saya menekankan kepada seluruh personel agar tetap waspada dengan potensi gangguan Kamtibmas yang mungkin terjadi, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” kata Sigit.

Misa Akbar yang dipimpin Paus Fransiskus diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 86 ribu umat Katolik.

Namun, karena kapasitas Stadiun Utama GBK yang hanya bisa menampung sebanyak 60 ribu jemaat sehingga sisanya akan lainnya akan ditempatkan di Stadion Madya.

Nantinya, Paus Fransiskus disebut akan berkeliling di Stadiun Utama GBK dan Stadion Madya untuk menyapa umat yang dilanjutkan ibadah dan doa bersama.