Bagikan:

JAKARTA - Paus Fransiskus sempat mengucapkan dua kata berbahasa Indonesia saat memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Acara keagamaan ini dimulai ketika Uskup Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo mengurapi meja di hadapannya. Paus Fransiskus kemudian beranjak dari kursinya dan memulai misa dengan mengucapkan tanda salib dalam bahasa Latin.

“In Nomine Patris Et Filii Et Spiritus Sancti,” ujarnya saat membuka misa akbar tersebut, Kamis, 5 September.

Selanjutnya, Paus Fransiskus mengucapkan "Pax Vobis," yang berarti "Damai Bersamamu". Kemudian, Sri Paus memimpin doa pembuka dan mengajak umat memulai doa tobat dalam bahasa Indonesia.

“Saya mengaku…” demikian katanya dalam bahasa Indonesia.

Umat kemudian melanjutkan dengan, “kepada Allah yang Maha Kuasa dan kepada saudara sekalian bahwa saya telah berdosa …”

Diberitakan sebelumnya, Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya di Asia-Pasifik. Ini merupakan kunjungan Paus yang pertama sejak 35 tahun kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

Paus Fransiskus sudah tiba pada Selasa, 3 September. Ada sejumlah agenda kenegaraan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga biarawan dan biarawati Katolik. 

Selanjutnya, Paus Fransiskus memimpin misa akbar di GBK pada 5 September. Lalu, perjalanan ke negara lain dilanjutkan pada 6 September.