Bagikan:

JAKARTA - Ribuan umat Katolik mulai memasuki Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 5 September siang. Meski misa yang akan dipimpin Paus Fransiskus baru akan digelar mulai pukul 17.00 WIB, sebagian umat telah duduk di bangku mereka masing-masing.

Cuaca yang sangat panas tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengikuti misa suci Paus Fransiskus.

Umat berbondong-bondong memasuki berbagai pintu stadion mulai pukul 11.00 WIB tadi. Pada pukul 13.00 WIB, umat terus berdatangan. Mereka yang kebingungan mencari tempat duduk, dilayani dan diarahkan volunter yang ramah.

Mereka yang mendapat tempat duduk di samping altar dan juga lapangan, juga telah hadir. Beberapa orang membuka payungnya untuk melindungi diri dari panas.

Gelang yang dikenakan umat menunjukkan tempat mereka akan duduk. Misalnya, Purple A Zone: 7B/BA, Door 76, Alur A, Row 5, SN 172. Dengan petunjuk yang jelas ini, umat diharapkan tidak kesulitan mencari tempat duduknya.

Misa akbar ini akan dihadiri oleh sekitar 90.000 umat Katolik dari seluruh Indonesia. Misa akbar tersebut akan diselenggarakan di dua tempat yang berbeda di kompleks Stadion Utama GBK. Sebanyak 60.000 jemaat akan berada di Stadion GBK, sementara 26.000 jemaat lainnya akan berada di Stadion Madya GBK.

Misa akbar bersama Paus Fransiskus ini menjadi momen yang istimewa bagi umat Katolik, mengingat kesempatan untuk bertemu langsung dengan Paus di Indonesia sangat jarang terjadi. Kunjungan terakhir Paus ke Indonesia terjadi pada 1989.