Bagikan:

JAKARTA - Polri mengerahkan 4.730 personel dalam skema pengamanan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dan kegiatan Internasional Sustainability Forum (ISF).

Karo PID Divhumas Polri, Brigjen Tjahyono Saputro mengatakan ribuan personel itu tergabung dalam Operasi Tribrata Jaya 2024 yang akan mulai bertugas pada 2 hingga 7 September.

"Dalam operasi ini, personel yang dilibatkan sebanyak 4.730 personel," ujar Tjahyono kepada wartawan, Jumat, 30 Agustus.

Ribuan personel yang dikerahkan itu dengan rincian 1.210 dari personel Mabes Polri dan 3.520 dari jajaran Polda Metro Jaya.

Pengerahan personel dalam jumlah besar ini dikarenakan akan digelarnya misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus selaku Pemimpin Gereja Katolik Dunia di Gelora Bung Karno (GBK), pada Kamis 5 September.

"Pelaksanaan misa ini akan dihadiri hampir 90 ribu umat katolik yang hadir dari seluruh Indonesia," sebutnya.

Masih dalam skema pengamanan, nantinya ada 6 petugas yang akan melekat. Mereka merupakan squad guard yang memang dibawa untuk mengamankan Paus Fransiskus selama kunjungan.

"Pengamanan untuk Ring 1 itu langsung diambil oleh dari mereka, ada squad guard yang memang melekat dari mereka, ada 6 personel. Ulangi, ada tim squad guard yang memang dibawa dari timnya Pak Paus Fransiskus," kata Tjahyono.