Bagikan:

JAKARTA - Polri bakal mengelar Operasi Tribrata Jaya 2024 dalam rangka pengamanan kedatanganan pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus, di Indonesia. Sekitar 4.520 personel dikerahkan dalam kegiatan tersebut.

"Polri menyiapkan 4.520 personel dengan rincian Mabes Polri 1.077 personel dan Polda Metro 3.443 personel," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi, Selasa, 13 Agustus.

Operasi Tribrata Jaya 2024 diketahui akan digelar selama 6 hari di mulai 2 hingga 7 September 2024.

Sementara Paus Fransiskus diperkirakan akan tiba di Indonesia pada 3 September 2024. Kemudian, akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, pada 4 September.

Hari selanjutnya, Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri interreligous meeting atau pertemuan dengan para tokoh antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta. Dilanjutkan dengan pertemuan penerima manfaat organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Lalu, Paus mengadakan misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta yang bakal dihadiri puluhan ribu umat Katolik.

"Setiap rangkaian kegiatan baik Pra, Pada saatnya nanti dan pasca kegiatan tersebut Polri akan mengamankan kunjungan atau kedatangan tersebut," kata Trunoyudo.

Operasi Tribrata Jaya 2024 tak hanya mengamankan agenda Paus, melainkan juga International Sustainability Forum (ISF) Tahun 2024 yang berlangsung pada 4-6 September 2024.