Bagikan:

TANGERANG - Polisi melakukan patroli dan sterilisasi keamanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, menjelang kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Operasi ini dilakukan dalam rangka Operasi Tri Brata Jaya 2024 untuk menjaga pengamanan tamu VVIP kenegaraan.

Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Roberto Pasaribu menyatakan bahwa patroli dilaksanakan di seluruh terminal bandara, termasuk Terminal Kargo, sebagai upaya untuk menciptakan kondisi keamanan yang kondusif.

“Operasi ini melibatkan 270 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, TNI, dan Aviation Security (Avsec) Bandara Soetta,” ujar Kombes Pol Roberto Pasaribu dikutip dari ANTARA.

Ratusan personel ini akan melakukan pengamanan untuk mencegah ancaman keamanan selama kunjungan Paus Fransiskus. Pengamanan dibagi dalam tiga ring, yakni ring pertama oleh Paspampres, ring kedua oleh TNI sebagai komando pengendali lapangan, dan ring ketiga oleh Polri.

“Kegiatan pengamanan juga mencakup sweeping rute VVIP yang akan dilalui, memastikan tidak ada benda berbahaya seperti paku yang dapat mengganggu perjalanan rombongan,” tambah Roberto Pasaribu.

Sementara itu, Dandim 0506/Tangerang Letkol Inf Ari Sutrisno menambahkan, 125 personel TNI akan fokus menjaga alur perjalanan tamu VVIP, mulai dari area parkir hingga keluar dari kawasan bandara.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia adalah bagian dari perjalanan apostoliknya ke kawasan Asia Pasifik, termasuk Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura, dari 2-13 September 2024. Di Indonesia, Paus dijadwalkan tiba pada 3 September dan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada 4 September di Istana Merdeka.

Pada 5 September, Paus Fransiskus akan menghadiri pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal dan bertemu dengan penerima manfaat organisasi amal di kantor KWI.