Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan Kaesang Pangarep untuk hidup sederhana. Sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dia harusnya bisa jadi role model pencegahan korupsi.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menanggapi polemik Kaesang berpergian ke Amerika Serikat dengan jet pribadi yang diduga difasilitasi pihak lain. Katanya, anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut harusnya mempraktikan upaya pencegahan korupsi apalagi PSI sudah pernah ikut program Pendidikan Politik Cerdas Berintegritas.

“Kami mendorong saudara Kaesang itu supaya di dalam perilaku kehidupan sehari-hari maupun selaku ketua partai politik juga bisa menjadi role model, nilai antikorupsi. Salah satunya apa? Hidup sederhana,” kata Alexander kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, 30 Agustus.

Sementara soal jet pribadi yang dipakai Kaesang, Alexander bilang permintaan klarifikasi bakal dilakukan. “Kenapa kami membutuhkan penjelasan dari saudara Kaesang terkait hal ini, karena kami menduga patut diduga, ada kaitannya dengan penyelenggara negara. Kan kita tahu orang tua dari saudara Kaesang seperti itu,” tegasnya.

Alexander menyebut proses ini penting supaya polemik ini bisa jelas akhirnya. KPK juga disebutnya berhak untuk menindaklanjuti apalagi sudah ada laporan dari masyarakat.

“Kalau KPK tidak melakukan klarifikasi, ini bisa menjadi modus untuk melakukan pencucian uang atau apapun bentuknya. Atau aset. Kalau kami mendapat informasi dari masyarakat seperti itu, dan kami tidak mengklarifikasi, enggak bener juga,” ujarnya.

“Kita tahu, bahwa suap atau gratifikasi, modusnya juga kan biasanya juga tidak diberikan langsung kepada penyelenggara negara. Dalam berbagai fakta persidangan pun terungkap, penerimaan gratifikasi atau suap, itu diatasnamakan orang lain,” sambung Alexander.

Diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep yang merupakan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Erina Gudono jadi sorotan gara-gara naik pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat. Selain itu, menantu Jokowi tersebut juga mengunggah gaya hidup mewah saat di AS.

Erina ketika itu tak hanya mengunggah momen menaiki pesawat ke Amerika Serikat. Dia juga mengunggah foto makan roti seharga Rp400 ribu dan stroller bayi diduga seharga puluhan juta rupiah.

Keduanya kemudian disoroti juga usai diduga membawa belanjaan mewah dari Amerika Serikat tanpa pemeriksaan Bea Cukai. Dalam video yang beredar, keduanya turun dari jet Gulfstream N568SE langsung menuju ke mobil Toyota Alphard yang diparkirkan di apron pesawat.