Jadi Ketua Umum PSI, Segini Prakiraan Harta Kekayaan Kaesang Pangarep
Ilustrasi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setelah Kaesang Pangarep menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), banyak orang semakin penasaran dengan sosoknya. Salah satu yang menarik untuk dibahas adalah harta kekayaan Kaesang Pangarep.

Seperti diketahui, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima mandat dari Dewan Pembina PSI sebagai Ketum PSI untuk periode 2023-2028. Di luar hal tersebut, harta kekayaan Ketum PSI Kaesang juga menarik untuk ditelisik.

Harta Kekayaan Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep adalah putra bungsu Presiden Jokowi. Sebelum menjabat sebagai Ketum PSI, Kaesang dikenal sebagai pengusaha di beberapa sektor bisnis termasuk bisnis kuliner. Ia juga memiliki beberapa usaha UMKM yang kini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Sebagai seorang pebisnis, Kaesang sering mendapat sorotan di Tanah Air. Bahkan ia juga sempat masuk ke dalam daftar 40 Tokoh Muda Berpengaruh di Indonesia (40 under 40) versi Fortune 2023 di sektor bisnis.

Kaesang sendiri dinilai jadi sosok yang berhasil menciptakan ratusan sampai ribu lapangan kerja baru, dipekerjakan pada bisnis yang ia jalankan dengan berbagai pihak.

Terkait harta kekayaan Kaesang, sampai artikel ini ditulis belum ada informasi pasti berapa nominalnya karena ia tidak memiliki kewajiban untuk melaporkan jumlah harta kekayaannya di KPK. Namun ia diperkirakan memiliki harta kurang lebih Rp92 miliar lebih.

Perkiraan tersebut muncul karena pada tahun 2021, suami dari Erina Gudono itu sempat membeli 8 persen saham PT Panca Mitra Multiperdana, perusahaan yang mengolah makanan beku. Angka transaksi yang dilakukan Kaesang senilai Rp92,2 miliar.

Belum lagi ia juga tercatat memiliki 40 persen saham klub sepak bola Persis Solo. Selain Kaesang juga memiliki beberapa usaha yakni Sang Pisang, Hompimpa Gamers, Sang Javas, Ternakopi, Madhang, Siap Mas, Mangkok Ku, Chili Pari, Markobar, Goola, Saham Rakyat, bahkan ternak lele.

Akan tetapi, ada sejumlah bisnis Kaesang yang dikabarkan gulung tikar yakni Sang Javas, Siap Mas, Goola, Madhang, dan Ternakopi.

Karier Politik Kaesang Pangarep

Seperti diketahui, Kaesang pangarep resmi menjabat sebagia Ketua Umum PSI, Senin 25 September 2023. Ia menggantikan Giring Ganesha yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Pembina Partai. Keikutsertaan Kaesang ke PSI jadi langkah awal baginya masuk ke dalam dunia politik.

Saat menghadiri Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI, Kaesang mengaku bahwa keputusannya masuk ke dunia politik terinspirasi dari ayahnya sendiri yakni Presiden Jokowi.

"Terus terang saya masuk politik itu, salah satu inspirasinya, ya bapak saya sendiri," ucapnya di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin, 25 September.

Meski masuk ke dalam kepengurusan parpol PSI, belum bisa dipastikan apakah Kaesang berencana maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) atau tidak. Namun, ia disebut berpotensi maju di Pilkada Solo atau Kota Depok. Bahkan sebelumnya isu tersebut telah muncul jauh sebelum ia masuk ke PSI.

 Itulah informasi terkait harta kekayaan Kaesang Pangarep. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.