Survei Polling Institute: Kaesang Jadi Ketum Dongkrak Elektabilitas PSI
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. (dok VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Hasil survei Polling Institute terbaru menunjukkan kehadiran Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum (Ketum) PSI menaikkan elektabilitas PSI.

Elektabilitas PSI naik hingga tiga kali lipat, dari yang awalnya 1,1 persen menjadi 3,5 persen. Survei ini dilakukan pada Oktober 2023. 

"Tampak dukungan PSI menguat ketika pemilih diberikan informasi bahwa Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, saat ini adalah Ketua Umum PSI," kata Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim  saat memaparkan hasil survei bertajuk "Dinamika Pilpres Terkini dan Efek Elektoral Kaesang sebagai Ketum PSI" secara daring dipantau melalui kanal YouTube Polling Institute, Jakarta, Kamis 12 Oktober, disitat Antara.

Menurut dia, kehadiran Kaesang sebagai Ketum PSI membuat basis pemilih di partai politik lain bergeser ke PSI, di mana kontribusi terbesar datang dari basis PDIP, PPP, Partai Gerindra, dan kelompok non-partisan.

"Sebagian basis pemilih partai bergeser masuk ke PSI ketika mengetahui Kaesang merupakan Ketua Umum PSI, terutama basis PDIP, Gerindra, PPP dan kelompok non-partisan," ujarnya.

Dia menyebut, dari 24,8 persen basis pemilih PDIP, sebanyak tiga persen-nya mengalihkan dukungan untuk PSI. Kemudian, dari 14,7 persen basis pemilih Partai Gerindra, sebanyak 2,5 persen-nya mengalihkan dukungan ke PSI.

"Basis pemilih PPP yang beralih ke PSI cukup besar, dari 2,7 persen basis pemilihnya, hampir seperempat-nya (24,9 persen) mengalihkan dukungan untuk PSI," ucapnya.

Di awal, Kennedy menyampaikan bahwa mayoritas responden yakni sebanyak 78 persen tahu atau pernah dengar nama Kaesang Pangarep yang merupakan putra bungsu Presiden Jokowi.

Dia menyebut, tingkat kedisukaan (likebility) publik terhadap Kaesang juga cukup besar, yakni sebanyak 66,8 persen responden menyatakan suka dengan Kaesang Pangarep, lalu 18,6 persen sisanya menyatakan kurang suka, serta 14,6 persen menjawab tidak tahu/tidak jawab.

"Dari yang tahu Kaesang, sekitar 54 persen tahu atau pernah dengar bahwa Kaesang Pangarep ditetapkan sebagai Ketua Umum PSI, dan mayoritas (responden) 67,1 persen setuju Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum PSI," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPP PSI Ariyo Bimmo Soedjono pun mengapresiasi hasil survei Polling Institute yang mencatat elektabilitas PSI naik setelah Kaesang Pangarep menjabat sebagai ketua umum.

"Temuan ini mengkonfirmasi bahwa ternyata semua happy. Ketika 'Bro Tum' Kaesang masuk dan disambut baik masyarakat, termasuk simpatisan partai lain. Jadi PSI tanpa Kaesang 1,1 persen, dan dengan Kaesang 3,5 persen. Itu adalah apresiasi publik kepada PSI dan Kaesang," ucap Ariyo.

Survei Polling Institute dilakukan pada 1 - 3 Oktober 2023 dengan populasi survei yang terdiri atas warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki telepon seluler.

Pengambilan sampel dilakukan terhadap 1.206 responden melalui sambungan telepon, dengan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.