Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menerima Sekretaris Jenderal Gerakan Jihad Islam Palestina Ziyad Nakhaleh dan Kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Palestina Hamas Ismail Haniyeh Hari Selasa.

Pertemuan yang digelar di Teheran ini dilakukan jelang pelantikan presiden terpilih Masoud Pezeshkian pada Selasa sore waktu Iran, dikutip dari IRNA 30 Juli

Dalam sebuah pernyataan, Hamas mengumumkan Haniyeh juga mengadakan pembicaraan dengan Pezeshkian pagi ini, memberikan pengarahan tentang perkembangan terakhir di Gaza dan berterima kasih atas dukungan Iran, dilansir dari The Times of Israel.

Diberitakan sebelumnya, Presiden terpilih Iran Masoud Pezeshkian yang akan dilantik hari ini memastikan, dukungan Iran terhadap bangsa Palestina dan perjuangan pembebasan Al-Quds tidak akan berubah, tidak peduli siapa pun yang memerintah negara itu.

Itu disampaikannya saat bertemu dengan Sekretaris Jenderal Gerakan Jihad Islam Palestina Ziad al-Nakhalah pada Senin malam. Ziad datang ke Iran untuk berpartisipasi dalam upacara pelantikan presiden.

"Mendukung perjuangan bangsa Palestina yang tertindas akan terus berlanjut dengan kekuatan dan tidak ada yang dapat mengganggu keinginan dan tekad kami dalam masalah ini," kata Masoud Pezeshkian.

Diketahui, Pezeshkian akan dilantik sebagai presiden kesembilan republik Islam itu setelah meraih 16.384.403 suara dari total 30.530.157 suara dalam putaran kedua pemilihan presiden Iran pada tanggal 5 Juli lalu.

Lebih dari 70 delegasi asing dari berbagai tingkatan telah mengonfirmasi kehadiran mereka untuk menghadiri upacara pelantikan. Setidaknya lima presiden dan 10 kepala parlemen negara sahabat akan berpartisipasi dalam upacara pelantikan.