Bagikan:

JAKARTA - Setiap kemungkinan serangan Israel ke Lebanon akan menimbulkan konsekuensi serius bagi Israel, kata Presiden Iran terpilih Masoud Pezeshkian melalui panggilan telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Pihak berwenang Israel menyalahkan kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran atas serangan roket yang menghantam lapangan sepak bola di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel pada Sabtu, 27 Juli.

Israel berjanji membalaskan serangan yang menewaskan 12 anak-anak dan remaja. Sedangkan Hizbullah membantah bertanggung jawab atas serangan tersebut.

“Setiap kemungkinan serangan Israel terhadap Lebanon akan menimbulkan konsekuensi serius bagi Israel,” kata Pezeshkian seperti dikutip media pemerintah Iran dilansir Reuters, Senin, 29 Juli.

“Kami bersedia meningkatkan hubungan kami dengan Prancis atas dasar rasa saling percaya,” sambung Pezeshkian dalam percakapannya dengan Macron.

Macron berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu, kata Istana Kepresidenan Prancis, ketika Paris berupaya mencegah eskalasi yang lebih luas antara Israel dan Hizbullah.

Istana mengatakan Macron telah mengingatkan Netanyahu bahwa Prancis berkomitmen penuh untuk melakukan “segala upaya untuk menghindari eskalasi baru di kawasan itu dengan menyampaikan pesan kepada semua pihak yang terlibat dalam konflik”.