Bagikan:

JAKARTA - Hamas menuduh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengulur kesepakatan gencatan senjata di Gaza dengan menambahkan persyaratan dan tuntutan baru pada proposal gencatan senjata yang didukung AS, setelah pembicaraan terbaru dilakukan melalui mediator.

Kelompok tersebut mengatakan menerima tanggapan terbaru dari Israel, setelah pembicaraan di Roma yang melibatkan Israel, Amerika Serikat, Mesir dan Qatar.

“Jelas dari apa yang disampaikan para mediator bahwa Netanyahu telah kembali ke strateginya yang menunda-nunda, mengelak, dan menghindari mencapai kesepakatan dengan menetapkan kondisi dan tuntutan baru,” kata Hamas dilansir Reuters, Senin, 29 Juli.

Faksi Islam tersebut menuduh Netanyahu menarik diri dari proposal yang sebelumnya diajukan oleh mediator, yang menurut mereka didasarkan pada “kertas Israel”.

Washington yang mensponsori perundingan tersebut, telah berulang kali mengatakan kesepakatan telah tercapai.

Pembicaraan terakhir adalah mengenai proposal yang diumumkan Presiden Joe Biden pada bulan Mei.

Hamas menginginkan perjanjian gencatan senjata untuk mengakhiri perang di Gaza. Sementara Netanyahu mengatakan konflik hanya akan berhenti setelah Hamas dikalahkan.

Mediator Qatar dan Mesir, yang didukung oleh Amerika Serikat, telah berulang kali mengatakan pintu untuk perundingan lebih lanjut tetap terbuka, dengan Israel dan Hamas menyuarakan kesiapan untuk melanjutkan perundingan tersebut.