Pandemi COVID-19: Ganja Jadi Bisnis Menguntungkan di Amerika Serikat, Dilirik Investor Terkenal
Ilustrasi ganja. (Unsplash/@budding)

Bagikan:

JAKARTA - Legalisasi penggunan ganja di Amerika Serikat, membuat ganja menjadi salah satu komoditas bisnis menguntungkan di masa pandemi COVID-19. Ini membuat pelaku industri dan investor ikut melirik bisnis ini, terlebih saat ekonomi kembali dibuka.

Data National Conference of State Legislatures menyebut, 36 negara bagian dan District of Columbi telah menyetujui penggunaan medis ganja. Dari jumlah tersebut, 15 negara bagian dan D.C sudah menyetujui penggunaan ganja untuk rekreasi. 

Momen ini juga dirasakan oleh perusahaan rintisan teknologi terkait ganja, yang memungkinkan pengiriman tanaman ganja dalam pot ke rumah Anda, berkembang pesat, diminati oleh investor. Di mana bisa menyediakan alat untuk budidaya hingga kepatuhan dan perangkat lunak e-commerce untuk industri yang masih beroperasi di zona abu-abu secara federal.

Para pengusaha ganja mengakui, mereka harus bergerak cepat dan membangun merek dagang mereka, sebelum seluruh wilayah Amerika Serikat melegalkan ganja, meningkatkan persaingan dengan semakin banyaknya orang yang melirik bisnis ini.

“Mengapa Anda pergi ke Weedmaps (untuk daftar pengecer ganja) jika Anda bisa pergi ke Yelp? Mengapa Anda memesan melalui sistem ini atau itu jika Anda dapat memesan melalui DoorDash atau Uber Eats?,” tanya Steve Allan, CEO The Parent Company (TPCO), melansir Reuters.

ilustrasi online
Ilustrasi. (Unsplash/@rupixen)

TPCO bukan perusahaan biasa yang menggarap bisnis ganja. Ada nama rapper dan selebritas Jay-Z di balik TPCO sebagai kepala visioner. TPCO yang diluncurkan Januari tahun ini, ingin mengkonsolidasikan para 'pemain kecil' bisnis ganja. 

"TPCO telah membangun teknologi e-commerce sendiri yang dapat menangani segala hal mulai dari manajemen bisnis hingga penjualan ritel," kata Allan.

Dalam salah satu kesepakatan modal ventura terbesar di sektor ini hingga saat ini, platform e-commerce yang berbasis di Oregon Dutchie pada Selasa 16 Maret mengumumkan telah mengumpulkan 200 juta dolar Amerika Serikat dalam putaran pendanaan, yang memberi nilai perusahaan sebesar 1,7 miliar dolar Amerika Serikat.

Investor Dutchie termasuk mantan CEO Starbucks Howard Schultz, bintang NBA Kevin Durant dan salah satu pendiri DoorDash Stanley Tang. Pasar online perusahaan menghubungkan apotek ganja dengan konsumen, yang dapat memesan pengiriman ke rumah.

Reuters telah mengidentifikasi lebih dari 90 perusahaan teknologi ganja swasta dan publik di Amerika Utara, dengan total investasi swasta pada kuartal pertama berada di level tertinggi dalam 18 bulan, menurut data yang dikumpulkan oleh PitchBook dan Crunchbase.

ilustrasi ganja
Ilustrasi budiaya ganja. (Unsplash/terredicannabis)

Secara keseluruhan, investor telah menggelontorkan lebih dari $ 2,5 miliar ke perusahaan rintisan teknologi ganja sejak 2018.

Investor publik juga ikut menumpuk. Perusahaan akuisisi tujuan khusus, atau SPAC, yang menargetkan industri ganja yang lebih luas mengumpulkan setidaknya $ 4,3 miliar hingga awal 2021, dengan $ 1,7 miliar di antaranya masih menunggu untuk disebarkan, menurut peneliti ganja BDSA.

Minat itu datang karena saham perusahaan ganja yang diperdagangkan secara publik, banyak di antaranya terdaftar di Kanada karena dilarang dari bursa AS, mulai rebound setelah aksi jual brutal pada 2019.

BDSA mengungkapkan, sepanjang tahun lalu penjualan ganja legal untuk pengobatan dan rekreasi di Amerika Serikat, mengalami lonjakan hingga sebesar 45 persen. 

"Kami masih dalam babak paling awal dalam berinvestasi, kata Harrison Aaron, analis investasi di Gotham Green Partners, perusahaan ekuitas swasta yang berbasis di New York dengan portofolio yang berpusat pada ganja.

“Kami tidak ingin semuanya berjalan (sepenuhnya) legal hari ini, karena ada banyak nilai di perusahaan kami. Dan kami ingin lebih banyak waktu untuk membangun,” kata Lenore Kopko, managing partner di Gotham Green.

ilustrasi ganja
Ilustrasi ganja. (Unsplash/@justnjames)

Yang lain percaya, masuk ke industri ganja mungkin tidak cepat atau mudah bagi banyak pemain besar dari luar.

"Legislasi, regulasi, dan aliran rantai pasokan ganja menciptakan kompleksitas yang tidak dibangun ke dalam perangkat lunak yang dibuat untuk industri lain," kata David Hua, pendiri dan CEO Meadow, yang menjual perangkat lunak kepatuhan dan pengoperasian untuk pengecer ganja.

Investor pesohor

Pendanaan awal ganja di sektor ini telah dipimpin oleh jaringan investor yang erat yang sering melakukan investasi bersama satu sama lain. Jaringan itu termasuk Liquid 2 Ventures, yang dipimpin oleh mantan gelandang NFL Joe Montana dan Casa Verde Capital, yang didirikan oleh selebritas Snoop Dogg.

Perusahaan lainnya, Arcadian Capital yang berbasis di Beverly Hills, telah berinvestasi di lebih dari selusin perusahaan rintisan teknologi ganja. Phyto Partners yang berbasis di Boca Raton telah mendanai 10 perusahaan, banyak dari mereka sebagai investor bersama dengan Arcadian.

Jaringan ini kadang-kadang diikuti oleh investor individu terkenal lainnya. Salah satu pendiri DoorDash Tang and Twitch, Justin Kan, termasuk di antara mereka yang mendukung Nabis yang berbasis di Oakland, pasar online ganja untuk apotek yang juga memiliki gudang, layanan pengiriman, dan pembiayaan online untuk pengecer.

"Ada daya tarik lain bagi investor di luar peluang bisnis langsung, data tentang industri baru. Bagi Arcadian, semburan data yang dihasilkan oleh perusahaan rintisan teknologi ganja, memberikan mekanisme yang hebat untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri ini," kata Matthew Nordgren, pendiri dan mitra pengelola perusahaan.

Socrates Rosenfeld, salah satu pendiri dan CEO Jane Technologies, pencipta platform e-commerce di Santa Cruz yang didanai oleh Arcadian dan Gotham Green, menyebut hal ini sebagai kesempatan sekali seumur hidup bagi perusahaan teknologi, bekerja dalam kemitraan dengan operator di ruang ini untuk membangun dan mendefinisikan kembali bagaimana teknologi dan ritel analog bekerja sama.