Bagikan:

JAKARTA - Seorang pria babak belur dihakimi massa lantaran tepergok mencuri uang dalam kotak amal Masjid Darussawab, di Pasar Jangkrik, Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Selasa malam, 23 Juli.

Pelaku mencuri kotak amal ketika para jamaah dan warga tengah melaksanakan salat Isya di dalam masjid tersebut. Aksi pelaku berhasil dipergoki oleh seorang pedagang yang berjualan di depan masjid tersebut.

"Awalnya lagi salat Isya berjamaah, tiba-tiba masuk lah orang (pelaku) mengambil kotak amal diketok, pecah. Yang melihat kebetulan tukang kue bandros di depan pintu, kemudian pelaku diteriakin maling," kata Pendi, salah satu pengurus masjid kepada wartawan, Rabu, 24 Juli.

Mendengar ada teriakan maling, konsentrasi sebagian jamaah pun terganggu. Beberapa jamaah langsung bergegas meninggalkan salat dan mendatangi sumber suara teriakan.

"Yang salat tergesa-gesa langsung membatalkan salatnya. Pelaku kemudian dikejar," ucapnya.

Menurut Pendi, pelaku beraksi seorang diri.

"Pelaku satu orang, sempat lari kemudian dikejar dan ditangkap. Pelaku kembali dibawa ke Masjid Darusawab sini (tempat kejadian perkara)," katanya.

Aksi pelaku bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, pelaku juga sempat mencuri kotak amal dan berhasil membawa kabur kotak amal dari masjid tersebut.

"Malingnya sudah dua kali mencuri kotak amal. Pertama kotak amal dibawa dan diketok (dihancurkan) di bypas depan STM 5. Malamnya, dia (pelaku) ngerjain lagi di sini (masjid Darussawab)," katanya.

Guna proses lebih lanjut, pelaku dan barang bukti dibawa ke Polsek Matraman. Hingga kini, pelaku masih dalam pemeriksaan.