Bagikan:

JAKARTA - Kebakaran yang melanda SDN 01 Pondok Bambu, Jalan Gading II dan Jalan H Kavling, RT 05/11, Pondok Bambu, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, akhirnya berhasil dipadamkan pada Selasa siang, 23 Juli.

Kobaran api berhasil dipadamkan pukul 14.11 WIB. Namun pada proses pemadaman api, petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air untuk proses penyemprotan saat evakuasi pemadaman api.

"Kondisi sumber air sangat sulit, kami sudah turunkan 14 unit (mobil) pemadam kebakaran yang sampai saat ini kami masih kesulitan sumber air," kata Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Abdul Wahid saat dikonfirmasi VOI.

Saat ini, kobaran api berhasil dipadamkan oleh 18 unit mobil dengan 90 personel petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Timur.

"Waktu selesai operasi pemadaman pukul 14.11 WIB. Objek terbakar bangunan sekolah SD 01, yang terbakar ada 18 ruangan. 12 kelas dan selebihnya ada ruang guru, kantin, drumband, tata usaha dan lain lain," ujarnya.

Abdul Wahid menjelaskan, kebakaran ini pertama diketahui oleh seorang penjaga yang melihat ada kepulan asap di atas gudang sekolah yang kemungkinan itu isinya alat drumband.

"Kemudian ada perambatan dan menyambar ruang kelas dan ruangan lain ada 18 ruangan. Kalau ruangan tata usaha, ruang drumband banyak peralatan, ada arsip - arsip atau buku buku tidak terpakai. Sangat disayangkan sekali memang perambatan api cukup cepat," katanya.

Akibat kebakaran, sebagian arsip milik sekolah tersebut hangus terbakar. Namun sebagian arsip lainnya berhasil diselamatkan.

"Mudah mudahan arsip yang belum terbakar ini menjadi penting buat operasi pemadaman kita," katanya.

Peristiwa kebakaran ini dilaporkan oleh warga terjadi pukul 12.04 WIB. Selanjutnya Sudin Gulkarmat menerjunkan 12 unit mobil pemadam kebakaran dengan 60 personel ke lokasi kebakaran.