Diam-diam, Menlu AS Antony Blinken Suka <i>Sundubu Jjigae</i> yang Laris Manis di Danbam Pub Drakor <i>Itaewon Class</i>
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. (Twitter/@SecBlinken)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Antony Blinken, diam-diam sejak lama ternyata seorang penggemar kuliner khas Korea Selatan, sundubu jjigae

Ini terlihat dari unggahan di akun Twitter resminya, pada Hari Kamis 18 Maret, hari terakhir kunjungan selama dua hari ke Negeri Gingseng tersebut. Dalam unggahannya, Menteri Blinken menyebut masih ingat lezatnya sundubu jjigae, yang dinikmatinya saat kunjungan tahun 2016 silam. 

"Saya ingat betapa lezatnya rasa Sundubu-jjigae pada tahun 2016 dalam perjalanan terakhir saya ke Seoul. Saya sangat senang bisa menikmatinya lagi selama kunjungan ini," cuit Antony Blinken yang unggahannya mendapat lebih dari 8 ribu suka.  

Diketahui, Blinken bersama Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin dan delegasi keamanan, melakukan kunjungan ke Asia. Sebelum ke Korea Selatan, keduanya berkunjung ke Jepang.  

Sundubu jjigae. (Twitter/@SecBlinken)

Kunjungan ke dua Sekutu Amerika Serikat ini, tidak lepas dari program prioritas Pemerintahan Presiden Joe Biden, untuk mempererat hubungan dengan kedua negara, sekaligus membicarakan masalah Korea Utara dan China.

Melansir Koreatimes, pejabat senior Amerika Serikat seperti mantan Wakil Menteri Luar Negeri AS Stephen Biegun, sering menunjukkan kecintaan mereka pada hidangan Korea dengan mengunjungi restoran tradisional lokal selama perjalanan mereka ke Negeri Gingseng.

Sundubu jjigae adalah sup Korea yang dibuat dengan tahu lembut sebagai bahan utamanya. Makanan khas Korea ini menarik perhatian, saat tampil dalam drama Korea (drakor) Itaewon Class yang dibintangi oleh Park Seo-joon dan Kim Da Mi sebagai pemeran utama.

Dalam drama ini, Park Sae Ro Yi (Park Seo-joon) diceritakan membangun usaha pun kecil di daerah Danbam, Korea Selatan. Nah, salah satu menu andalan pub tersebut adalah sundubu jjigae atau spicy soft tofu stew, yang membuat pub itu sukses berkembang.