Bagikan:

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan mengecek langsung Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) menjelang Pilkara 2024. Bahkan, dia akan berangkat ke Medan untuk menggelar rapat koordinasi

"Saya juga sudah mengecek langsung, hari ini juga akan berangkat ke Medan untuk rapat se-Sumatera. Semua stakeholder, untuk meyakinkan terutama anggarannya APBD," kata Tito kepada wartawan setelah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penguatan Komitmen Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dalam Pemberantasan Korupsi di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Selain itu, koordinasi juga terus dilakukan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, dan anggota DPR persiapan pilkada. "Kami rapat terus dengan KPU, Bawaslu di DKPP, Komisi DPR RI dan juga di tingkat pemerintah juga kita membantu," tegas eks Kapolri tersebut.

Sebagai informasi, Pilkada 2024 akan dilaksanakan untuk memilih gubernur, wali kota, bupati beserta wakilnya. Kontestasi politik ini dilaksanakan secara serentak di sejumlah daerah yang ada di Indonesia.

Adapun tanggal pelaksanaan resmi Pilkada 2024 ini telah diatur dan ditetapkan dalam peraturan KPU tahun 2024. Penetapan ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024.

Berdasarkan surat tersebut pemungutan suara Pilkada 2024 akan dilaksanakan tanggal 27 November 2024. Pilkada 2024 tersebut hanya diikuti 37 provinsi di Indonesia.

Khusus Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak ikut Pilkada 2024. Sementara, jumlah kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2024 sebanyak 508 daerah.