Bagikan:

PAPUA - Polda Papua  mengatakan Laboratorium Forensik Polda Papua masih menyelidiki kebakaran yang menghanguskan dua unit rumah di Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua.

"Tim labfor sudah turun, dan menyelidiki kebakaran yang diduga dilakukan sekelompok massa," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Adi Prabowo di Papua, Jumat 5 Juli disitat Antara.

Dia menuturkan, Labfor Polda Papua diterjunkan melakukan pengamatan umum, pemotretan dan dokumentasi, pemeriksaan tingkat kerusakan dan arah penjalaran api, serta penentuan lokasi api pertama kebakaran (LAPK) pada Kamis 4 Juli.

Selain itu, tim juga melakukan pencarian dan pengumpulan sampel barang bukti serta mengumpulkan data dari keterangan saksi-saksi.

"Dari hasil pemeriksaan olah TKP,kesimpulan sementara terungkap api pertama membakar ruang tamu, sedangkan pada rumah kedua berasal dari ruang keluarga," kata Kombes Benny.

Penyebab pasti kebakaran masih menunggu hasil pemeriksaan abu arang yang telah diambil sebagai sampel.

Sampel tersebut akan dianalisis menggunakan gas chromatography mass spectrometer (GCMS) untuk menentukan ada tidaknya kandungan bahan bakar di lokasi api pertama kebakaran.

Polri akan berupaya mengungkap kebakaran yang terjadi, Rabu 3 Juli, hingga menghanguskan dua rumah warga, kata Iptu Ade Jodi Harmawan.