Hasil Labfor Keluar, Polisi Nyatakan Tak Ada Unsur Kesengajaan Terbakarnya Kantor KPU Jayapura
Ilustrasi mural logo KPU. (Antara)

Bagikan:

PAPUA - Polisi memastikan tidak ada unsur kesengajaan dalam kejadian terbakarnya kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jayapura dan tiga bangunan lainnya.

Kepala Kepolisian Resor Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen mengatakan, kebakaran empat bangunan di Jayapura pada 17 Juli 2023 sudah keluar hasil penelitiannya dari Bidang Labfor Polda Papua.

“Hasil pemeriksaan abu yang diteliti itu negatif dari bahan-bahan bakar di dalam drum, karbon maupun pelarut yang mudah menyala,” katanya di Sentani, Jayapura, Papua, Jumat 29 September, disitat Antara.

Menurut Kapolres, tidak ada unsur lain dalam kebakaran itu yang menyebabkan kebakaran kantor KPUD dan tiga lainnya.

“Ini menjadi pekerjaan kami bagaimana harus bisa menyelidiki sumber api tersebut (yang mengakibatkan kebakaran empat kantor termasuk KPU),” ujarnya.

Dia menjelaskan, dari hasil Labfor Polda Papua tidak ada unsur lain seperti bio carbon, pelarut atau cairan lain yang mudah terbakar.

“Contohnya bensin atau bahan bakar yang lain, itu menjadi hasil penelitian dari abu yang diambil dari tim Labfor sehingga ini menjadi pekerjaan berat untuk menyelidiki sumber api dan penyebab api itu sendiri,” katanya.

Dia menambahkan di titik awal api sesuai dengan keterangan bahwa terdapat banyak benda-benda yang mudah terbakar seperti kertas.

“Kita akan mengecek kembali struktur dari lokasi kebakaran, titik api itu bagaimana sehingga kebakaran bisa terjadi," tandasnya.