Bagikan:

JAKARTA - Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo meminta Dinas Komunikasi dan Informatika untuk meningkatkan keamanan data.

"Memang serangan siber dunia maya perlu menjadi kekhawatiran sehingga Diskominfo harus cepat mencegah peretasan dengan melakukan keamanan siber berlapis," kata Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, mengutip Antara, Minggu, 30 Juni.

Menurut Penjabat Bupati, keamanan data itu sangat penting untuk dilindungi khususnya anggaran, capaian program dan kegiatan setahun ini.

"Kami pikir sumber daya manusia (SDM) di Diskominfo Kabupaten Jayapura sangat baik untuk mampu membuat sistem keamanan yang andal sehingga tidak mampu dibobol oleh oknum hacker," ujarnya.

Dia menjelaskan seandainya secara internal tidak mampu membuat sistem keamanan berlapis yang baik maka bisa gunakan tenaga teknologi informatika (IT) dari luar.

"Intinya data vital Pemerintah Kabupaten Jayapura harus dilindungi dengan baik sehingga tidak dapat ditembus oleh hacker apapun," katanya.

Dia menambahkan serangan hacker di Indonesia harus menjadi catatan penting bagi setiap penyelenggaraan pemerintahan di daerah khususnya Provinsi Papua.

"Kami sangat berharap masalah ini cepat teratasi sehingga penyelenggara pemerintahan di daerah tidak khawatir tentang bahaya hacker yang bisa sewaktu-waktu datang menerjang," ujarnya.